Berita Kendari

Mahasiswa KKN UHO Kendari Sosialisasi dan Edukasi Program Indonesia Sehat di Puuwatu

Mahasiswa UHO Kendari datangi rumah-rumah warga di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari dalam sosialisasi dan edukasi program Indonesia sehat.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa KKN Tematik FK UHO 2022 sosialiasi warga di Kelurahan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari datangi rumah-rumah warga di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari dalam sosialisasi dan edukasi program Indonesia sehat.

Panitia pelaksana, Dzulfi Subkhan mengatakan cara ini cukup efektif dalam intervensi dan mengedukasi program Indonesia Sehat pada masyarakat di perkotaan.

"Tidak hanya seputar mendata, tetapi juga kami melakukan pemeriksaan tekanan darah bagi warga yang memiliki riwayat hipertensi," katanya pada Selasa (9/8/2022).

"Tampak warga antusias dengan program ini, ditambah lagi dengan edukasi yang diberikan mahasiswa seputar kesehatan menambah minat warga," ucapnya menambahkan.

Baca juga: Kolam Retensi Atasi Banjir di Kendari Sultra, Sulkarnain Kadir Sebut Bonus Jadi Tempat Wisata

Kata Dzulfi Subkhan, metode pendekatan keluarga dalam program ini sangat cocok diterapkan di Kelurahan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kelurahan ini jadi sasaran KKN Tematik Fakultas Kesehatan (FK UHO) yang terbagi atas dua kelompok dengan judul KKN ini ialah Pemberdayaan Masyarakat Siaga dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak di Kelurahan Abeli Dalam Tahun 2022.

"Iya kami diketuai  Dr dr Juminten Saimin yang beranggotakan dr. Wa Ode Sitti Asfiah Udu, dr Nur Indah Purnamasari, Sufiah Asri Mulyawati, dan Ns Saidah," ungkap Dzulfi Subkhan.

Mahasiswa KKN ini merupakan mahasiswa KKN Tematik 2022 dari Fakultas Kedokteran atau FK UHO Kendari yang dilaksanakan sebagai bentuk program pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: KABAR BAIK! UHO Kendari Pangkas UKT Mahasiswa S1 dan D3 Semester Ganjil 2022, Syarat dan Besarannya

Dzulfi Subkhan menuturkan, tujuan kegiatan ini adalah mengedukasi pencegahan dan penanganan penyakit reproduksi pada masyarakat.

"Screening dan edukasi tumbuh kembang dan stunting pada anak, edukasi pentingnya imunisasi dalam pencegahan penyakit menular pada ibu dan anak," tambahnya.

Selain itu juga membantu memeriksa kesehatan terkait penyakit tidak menular, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat.

"Kami berharap dengan terjunnya mahasiswa dalam program ini dapat mengatasi dan memberikan solusi terkait permasalahan yang tengah di alami di Kelurahan Abeli Dalam Kota Kendari," ujarnya.

Diketahui, KKN Tematik FK UHO ini merupakan program tahunan dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini, mahasiswa pilihan yang ikut terjun dalam kegiatan KKN Tematik 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo sebanyak 36 mahasiswa. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved