Berita Baubau

5 Hiu Tutul Terdampar di Perairan Waramusio, BKSDA Baubau Sultra Imbau Warga Tak Mengganggu

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memantau lima hiu tutul yang terdampar di Perairan Waramusio.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Kepala BKSDA Kota Baubau Prihanto, saat melakukan pemantauan terhadap kawan hiu tutul di Perairan Pesisir Waramusio, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (28/7/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memantau lima hiu tutul yang terdampar di Perairan Waramusio.

Kawanan hiu tutul yang menjadi kategori hewan langka ini muncul di perairan pesisir Waramusio, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sultra.

"Kami saat ini memantau kawanan hiu tutul, sehingga kita bisa tahu pergerakannya," ucap Kepala BKSDA Baubau Prihanto kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Selain memantau, ia juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan penangkapan ataupun hal-hal yang dapat mencelakai hiu tutul tersebut.

Prihanto menjelaskan, hiu tutul tak boleh diganggu ataupun dicelakai, sebab hewan tersebut sudah masuk kategotri hewan langka dan dilindungi.

Baca juga: Detik-detik Hiu Tutul Muncul Dekat Keramba Nelayan di Perairan Baubau Sulawesi Tenggara

"Setelah dilakukan pemantauan awal dari tim kami, hiu tutul tersebut berjumlah lima ekor," ujar Kepala BKSDA Baubau.

Fenomena adanya hiu tutul tersebut, kata dia, sudah menjadi hal yang biasa di Perairan Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Karena, kawanan hiu tutul ini kerap mendatangi perairan-perairan yang hangat dan pastinya tempat yang didatangi memiliki ketersediaan makanan.

"Jadi kami menganggap Perairan Waramusio, Baubau, Sultra ini memiliki ekosisten yang masih baik," kata Prihanto.

Kepala BKSDA Baubau ini mengatakan, hiu tutul atau hewan langka ini selalu berada di perairan yang dalam.

Baca juga: Viral Video Seorang Pria Dapat Ikan Hiu saat Memancing di Masjid Al Alam Kendari Sulawesi Tenggara

Sebelumnya, adanya kawanan hiu tutul di perairan pesisir Waramusio, Kota Baubau, Sultra itu sempat menjadi tonton warga setempat. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved