Berita Kendari

KPP Pratama Kendari Catat 103.386 Wajib Pajak Orang Pribadi Sudah Validasi NIK Jadi NPWP

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari mencatat sebanyak 103.386 wajib pajak orang pribadi sudah validasi NIK menjadi NPWP.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kendari, Alifa Ulfana. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari mencatat sebanyak 103.386 wajib pajak orang pribadi sudah validasi NIK menjadi NPWP.

Catatan dari KPP Pratama Kendari tersebut dari jumlah total yang telah terdaftar yakni sebanyak 115.165 wajib pajak aktif.

Diketahui, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerapkan format baru NPWP sejak 14 Juli 2022.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK/03/2022 tentang NPWP bagi Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib Pajak Instansi Pemerintah.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kendari, Alifa Ulfana mengatakan wajib pajak orang pribadi dengan NIK telah tervalidasi maka secara otomatis sudah dapat digunakan sebagai NPWP.

Baca juga: Pembayaran Pajak dan Retribusi Bakal Berlaku Secara Online di Kota Kendari

"Namun saat ini hanya terbatas pada layanan administrasi perpajakan bersifat online, seperti djponline.pajak.go.id maupun layanan diselenggarakan pihak selain DJP," jelasnya, Selasa (26/7/2022).

Katanya, untuk format NPWP 15 digit masih bisa digunakan hingga 31 Desember 2023, tetapi pada 1 Januari 2024 seluruh layanan harus menggunakan format baru NIK sebagai NPWP.

Format ini sudah dapat diterapkan tetapi bertahap karena tidak semua wajib pajak NPWP-nya telah divalidasi.

Hal itu karena masih ada wajib pajak yang menggunakan KTP lama (non elektronik) sehingga hal tersebut dibutuhkan waktu untuk disinkronkan.

"Bagi wajib pajak yang menggunakan e-KTP, atau sudah pernah mendaftar dengan NIK baru, maka otomatis sudah aktif dan bisa melakukan login ke DJP online menggunakan NIK," tuturnya.

Baca juga: Bayar Pajak dan Retribusi di Baubau Sulawesi Tenggara Bisa Lewat QRIS, BNI Sebar di Pasar Wameo

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved