Wakatobi Tanpa Pesawat

Wings Air Stop Rute Penerbangan Kendari ke Wakatobi Sultra, Hugua Sebut Pemerintah Harus Subsidi

Ini tanggapan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Hugua soal penutupan rute penerbangan Wings Air Kendari ke Wakatobi dan Wakatobi ke Kendari.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Hugua. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ini tanggapan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Hugua soal penutupan rute penerbangan Wings Air Kendari ke Wakatobi dan Wakatobi ke Kendari.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tenggara (Dapil Sultra) ini mengatakan penghentian rute penerbangan Wings Air ini merupakan masalah kecil.

"Iya, masalah ini terlalu kecil. Pemerintah Kabupaten Wakatobi harus memastikan bahwa maskapai bisa terbang caranya adalah memberikan subsidi," katanya, Kamis (14/7/2022).

Lanjutnya, peran penting Pemkab Wakatobi untuk menyelesaikan masalah ini karena mereka yang mengatur kebijakan umum anggaran dan pelayanan, agar penerbangan terus berlanjut.

Anggaran dari Pemkab Wakatobi tersebut, nantinya akan dialokasikan ke subsidi untuk penumpang dari dan ke Wakatobi.

Baca juga: Harapan Pelaku Industri Wisata di Wakatobi Soal Wings Air Stop Penerbangan Kendari-Wakatobi Sultra

"Untuk subsidi ini tentunya harus dikomunikasikan terlebih dahulu antara pemerintah setempat bersama pihak maskapai," jelasnya.

Menurut Hugua, Pemkab Wakatobi harus menghitung jumlah penumpang setiap hari yang hendak ke Wakatobi untuk memastikan dan menentukan besaran subsidi.

Katanya, jika tiga hari berturut-turut jumlah penumpang mengalami penurunan, maka pemerintah bisa mendorong promosi pariwisata di Wakatobi agar jumlah penumpang tercukupi setiap hari.

"Iya, persoalan paling mendasar yakni jumlah penumpang tidak mencukupi, dengan begitu pemerintah harus hadir dengan memberikan subsidi agar pihak maskapai tidak mengalami kerugian," jelasnya.

Mantan Bupati Wakatobi ini membeberkan permasalahan tersebut sebenarnya harus diselesaikan secara internal Pemkab Wakatobi dengan mengambil langkah strategis.

Baca juga: Pemkab Akan Perjuangkan Penerbangan Kendari-Wakatobi, Ilmiati Sebut Bupati Haliana Sudah di Jakarta

Namun katanya, apabila hal ini tidak bisa diselesaikan secara internal, maka baru meminta bantuan kepada pihak lain.

"Jangan dulu meminta bantuan kepada Gubernur, Kementerian dan pihak lainnya, selesaikan dulu antara pemerintah dengan pihak maskapai," katanya.

Ia pun menyarankan agar Bupati Wakatobi bertemu dengan Direksi Lion Air untuk mencari solusi agar penerbangan dapat lanjut kembali.

Sebelumnya, Wings Air menghentikan sementara waktu rute penerbangan Kendari menuju Wakatobi dan Wakatobi ke Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak tanggal 8 Juli 2022. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved