Berita Baubau

Data Sementara KPU, Daftar Pemilih Tetap di Kota Baubau Sultra Mencapai 108.685 Jiwa

DPT yang ada di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga saat ini terdata berjumlah 108.685 jiwa yang tersebar di 8 Kecamatan.

La Ode Muh Abiddin
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, Edi Sabara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga saat ini terdata berjumlah 108.685 jiwa tersebar di 8 Kecamatan.

Ketua KPU Kota Baubau Edi Sabara mengatakan, jumlah DPT yang ada saat ini masih data sementara.

"Ini DPT kami sementara, karena masih ada data-data lain dan kami belum turun ke lapangan," ujarnya kepada TribunnewsSultra.com, Rabu (15/6/2022).

Ia menyebutkan, Pemilu 2019 lalu DPT di Kota Baubau, Sultra itu berjumlah 107.985 jiwa. Kemudian dilakukan pemuktahiran data pemilih.

Baca juga: KPU Kota Baubau Pulihkan Internal Untuk Bekerja 24 Jam Perhari Selama Tahapan Pemilu 2024

Melalui pemuktahiran data pemilih itu, kata dia, dilakukan secara berkelanjutan agar dapat memperbaharui data pemilih. Sehingga dapat mempermudah proses pemuktahiran data dan penyusunan data pemilih pada Pemilu.

"Kami akan melakukan pemuktahiran data, bagi yang memenuhi syarat untuk memilih kami masukkan, yang meninggal kami coret, yang keluar kami keluarkan dan yang masuk kami masukkan," jelasnya.

Baca juga: Kesiapan KPU Konawe Sulawesi Tenggara Jelang Tahapan Pemilu 2024, Anjangsana ke Polres

Edi Sabara menilai, itu merupakan hal yang dinamis, sebab pada 14 Oktober 2022 mendatang akan dilakukan pemuktahiran data pemilih.

Nantinya, lanjut dia, akan dimulai dengan adanya Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang bersumber dari KPU RI yang akan di sinkronisasi dengan daftar pemilih di Baubau.

"DP4 dari KPU RI yang akan kami sinkronisasi dengan cara kami melakukan verifikasi, untuk memastikan pemilih itu masih ada atau sudah tidak ada," terangnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved