IAIN Kendari

907 Calon Mahasiswa Baru IAIN Kendari Ikut SSE UMPTKIN, Pendidikan Agama Islam Jadi Prodi Terfavorit

Sebanyak 907 pendaftar jalur UMPTKIN Institut Agama Islam Negeri Kendari mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik secara daring pada 14-15 Juni 2022.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sebanyak 907 pendaftar jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada 14-15 Juni 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 907 pendaftar jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada 14-15 Juni 2022.

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang berada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung hadir secara virtual memantau pelaksanaan ujian SSE UMPTKIN.

Hadir pula Wakil Menteri Agama Dr H Zainut Tauhid Sa’adi, Dirjen Pendis Kemenag RI Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani serta Panitia Pusat maupun Panitia Lokal dari 58 PTKIN se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Agama mengapresiasi pelaksanaan ujian SSE UMPTKIN tahun ini yang sepenuhnya berbasis online dengan berbagai inovasi yang dilakukan.

Namun, ia juga menyampaikan fakta PTKIN saat ini, masih menjadi pilihan alternatif bagi para siswa SMA/MA/Sederajat dalam menempuh pendidikan lanjutan.

Baca juga: UHO Kendari Perpanjang Masa Tinggal KKN Tematik Mahasiswa, Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Hal ini menjadi catatan bersama agar PTKIN semakin meningkatkan kualitas baik dari segi SDM maupun infrastruktur untuk menjadikan PTKIN sebagai destinasi utama para calon mahasiswa baru ke depannya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad menyampaikan jumlah pendaftar yang mengikuti SSE di IAIN Kendari mengalami kenaikan sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jumlah peserta SSE UMPTKIN tahun lalu hanya 734, sedangkan tahun ini naik menjadi 907 peserta," ujar Faizah Binti Awad.

"Kenaikan ini menjadi indikator keberhasilan atas sosialisasi yang telah dilakukan oleh seluruh sivitas akademika kepada masyarakat," tambahnya.

Jumlah mahasiswa yang terus mengalami peningkatan menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Daya Tampung PPDB 2022 SMA di Sulawesi Tenggara Sebanyak 12 Rombongan Belajar, SMK 24 Rombel

Ketua Panitia UMPTKIN IAIN Kendari, Dr Husain Insawan mengatakan berdasarkan pilihan pendaftar pada jalur ini, dari 20 program studi, Pendidikan Agama Islam menjadi prodi yang paling diminati.

"Tiga program studi dengan pendaftar terbanyak pada tahun ini adalah Pendidikan Agama Islam (PAI) diikuti Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) lalu disusul prodi Ekonomi Syariah," ucapnya.

Kata dia, panitia akan mengumumkan kelulusan peserta UMPTKIN pada tanggal 30 Juni mendatang melalui website resmi IAIN Kendari http://iainkendari.ac.id. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved