Presiden Jokowi ke Wakatobi

Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Kaledupa, Tomia, Binongko di Wakatobi, dan Kapal Sultan Murhum II

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (9/6/2022).

Editor: Aqsa
BPMI Setpres/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu kapal motor penumpang (KMP) di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Kamis (9/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (9/6/2022).

Pelabuhan penyeberangan tersebut yakni Pelabuhan Kaledupa, Pelabuhan Tomia, dan Pelabuhan Binongko.

Presiden Jokowi juga meresmikan pengoperasian satu kapal penyeberangan yakni Kapal Motor Penumpang atau KMP Sultan Murhum II.

Kapal roro tersebut akan beroperasi untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, dan Tomia-Binongko dengan trip empat kali sepekan.

Peresmian pelabuhan dan kapal penyeberangan untuk memperlancar konektivitas antarpulau di daerah tersebut berlangsung di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Istri Borong Makanan Ringan Khas Sultra di Wakatobi, Order Khusus Abon Ikan Tuna

“Kita harapkan dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin mudah,” kata Jokowi dikutip TribunnewsSultra.com dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab).

“Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antarpulau di Wakatobi diharapkan semakin baik,” jelas Presiden menambahkan.

Dengan diresmikannya satu kapal tersebut, saat ini kabupaten kepulauan di Provinsi Sultra tersebut dilayani oleh dua kapal yakni KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II.

Kedua kapal tersebut akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Kamaru, Wanci, Kaledupa, Tomia, Binongko pulang pergi (PP).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan hadirnya kapal tersebut merupakan salah satu wujud negara hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu kapal motor penyeberangan (KMP) di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawersi Tenggara (Sultra), pada Kamis (09/06/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu kapal motor penyeberangan (KMP) di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawersi Tenggara (Sultra), pada Kamis (09/06/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved