Berita Kolaka Timur

Parpol Pengusung Belum Ajukan Kandidat Calon Wabup Koltim, Tunggu Keputusan Pj Bupati Kolaka Timur

Agenda pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) oleh panitia seleksi di DPRD Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini belum terlaksana.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Laode Ari
Ketua DPRD Kolaka Timur, Suhaemi Nasir. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Agenda pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) oleh panitia seleksi di DPRD Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini belum terlaksana.

Untuk diketahui, panitia seleksi pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur sudah dibentuk DPRD Koltim sejak akhir tahun 2021.

Dalam pemilihan Wakil Bupati Koltim ini, ada empat partai politik yang akan mengajukan nama calon yang kemudian dipilih panitia seleksi.

Keempat partai poltik itu yakni Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Selanjutnya, parpol ini akan mengajukan nama kandidat ke panitia seleksi baik secara gabungan parpol maupun dari satu partai.

Baca juga: Ada Apa Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur Belum Bergulir? Ini Kata Ketua DPRD Koltim dan Panlih

Ketua DPRD Koltim sekaligus Ketua Panitia Seleksi, Suhaemi Nasir, mengatakan, hingga kini keempat parpol belum melakukan pengajuan nama kandidat ke panitia seleksi.

"Iya, partai pengusung dari PDIP, Gerindra, PAN, dan Demokrat belum memasukkan nama ke Sekretariat DPRD Koltim," kata dia saat dikonfirmasi via WhatsApp Messenger, Selasa (24/5/2022).

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kolaka Timur (Koltim), Muhammad Amin, menjelasakan, untuk Partai Gerindra sudah menunjuk Abdul Azis sebagai calon Wakil Bupati Koltim.

"Saat ini belum kami ajukan nama calon Wakil Bupati Koltim, karena melalui persetujuan Pj Bupati. Sampai saat ini kami masih menunggu kesepakatan bersama partai politik pengusung," kata Amin.

Selain itu, lanjutnya, Partai Gerindra berkoalisi dengan PAN dan Demokrat untuk mengusung Abdul Azis menjadi kandidat Wakil Bupati Koltim.

Baca juga: Alasan Partai Amanat Nasional Pilih Abdul Azis Ketimbang Kader untuk Calon Wakil Bupati Kolaka Timur

Namun, hingga kini pengusungan belum terlaksana karena salah satu partai belum menandatangani surat rekomendasi pengajuan nama calon untuk diserahkan ke panitia seleksi.

Kata dia, surat rekomendasi ini merupakan kesepakatan bersama empat parpol untuk mengajukan kandidat masing-masing.

Berdasarkan kesepakatan ini, Gerindra, PAN, dan Demokrat sepakat mengusung Abdul Azis, sementara PDIP mengusul Diana Massi.

"Tapi sampai saat ini PDIP belum juga menandatangani surat rekomendasi. Karena surat rekomendasi itu jadi kesepakatan bersama empat partai pengusung," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved