Idulfitri 2022

Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran Idul Fitri Terjadi di Pelabuhan Tomia Wakatobi

Lonjakan penumpang terpantau H-1 Lebaran Idul Fitri 1 atau Syawal 1443 H di Pelabuhan Penyebrangan Tomia

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Lonjakan penumpang terpantau H-1 lebaran Idul Fitri 1 atau Syawal 1443 H di Pelabuhan Penyebrangan Tomia, Kabupaten Wakatobi 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Lonjakan penumpang terpantau H-1 lebaran Idul Fitri 1 atau Syawal 1443 H di Pelabuhan Penyebrangan Tomia, Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pantauan TribunnewsSultra.com, Tampak kedatangan pemudik memdati pelabuhan yang berlokasi di Kelurahan Waha, Kecamatan Tomia, Wakatobi, Sultra ini pada Minggu (1/5/2022).

Padahal, beberapa jam sebelumnya kedatangan dari Kota Baubau, Sultra dengan armada KM Pelni Perintis Sabuk Nusantara 44 tiba menampung ratusan pemudik.

Tepatnya, pada pukul 04:00 Wita kapal tersebut mengangkut pemudik yang didominasi mahasiswa.

Sementara itu, kedatangan dari arah yang sama pada KM Wisata Indah tiba menampung ratusan pemudik didominasi penumpang keluarga.

Baca juga: Polresta Kendari Siap Amankan Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik Selama Idul Fitri 2022

Penumpang asal Kota Baubau, Harmida (36) mengatakan tahun ini ia baru lakukan perjalanan mudik setelah 3 tahun tak mudik.

Kata dia, pasalnya pandemi Covid -19 sejak 2 tahun lalu mengharuskannya tak mudik apalagi kebijakan mudik juga pun kini telah dilonggarkan pemerintah.

"Iya makanya antusias ini untuk pulang kampung setelah terkurung kan di perantauan akibat pandemi," ungkapnya.

Untuk diketahui, kedatangan kapal pelabuhan penyebrangan Pelabuhan Tomia dari Kota Baubau Sultra, dan rute Pelni jelang Lebaran Idul Fitri 1443 H/ 2022 merupakan kedatangan terakhir.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) untuk mengetahui kapan Lebaran atau Idul Fitri 1 Syawal 1443 H.

Sidang isbat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan digelar pada Minggu, 1 Mei 2022. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved