Berita Kendari

Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran di Kendari Sultra, KSOP Siapkan Tiga Kapal Cadangan

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari menyediakan 27 kapal untuk mengangkut penumpang saat mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala KSOP Kelas II Kendari, Agus Winartono 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Kendari menyediakan 27 kapal untuk mengangkut penumpang saat mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Sebanyak 27 kapal tersebut terdiri 24 kapal cepat dan tiga kapal cadangan yang akan dioperasikan pada malam hari.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Agus Winartono, mengatakan, penambahan kapal cadangan yang beroperasi pada malam hari ini karena adanya lonjakan penumpang.

Sebelumnya, pihaknya sudah menyediakan 24 kapal cepat untuk mengangkut penumpang mudik di Kota Kendari, Sultra.

"Jadi total armada dipersiapkan 24 kapal, tapi karena ada lonjakan penumpang, kami siapkan tiga kapal cadangan," kata dia usai sidak di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari (Kapal Malam), Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Jadwal Kapal Rute Kendari Tujuan Buton Utara-Wakatobi Arus Balik Lebaran, Harga dan Cara Pesan Tiket

Agus menyebut, khusus hari ini atau H-3 Lebaran Idul Fitri, terjadi lonjakan penumpang baik yang menggunakan kapal cepat maupun kapal malam.

Sehingga, pihaknya kemudian menyediakan armada tambahan untuk mengangkut para penumpang yang terus melonjak hingga Sabtu, 30 April 2022.

Sementara untuk lonjakan penumpang mudik pada hari ini Kamis, 28 April 2022 berdasarkan catatan KSOP dari jumlah keseluruan perkirakan mencapai 4.000 orang.

Jumlah itu terdiri dari penumpang yang mudik melalui kapal cepat di Pelabuhan Nusantara dan kapal malam di Pelabuhan Pangkalan Perahu.

"Hari ini kita berangkatkan tujuh kapal, kalau satu kapal dengan kapasitas 800-900, dikali tujuh berarti sekitar 4.000 orang yang mudik," jelasnya.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kapal Cepat Kendari ke Raha, Baubau, Wanci, Butur, Harga dan Jadwal Keberangkatan

Kemudian, pihaknya juga memprediksi lonjakan penumpang akan bertambah karena sudah memasuki waktu cuti bersama.

"Mungkin puncak lonjakan hari ini, Kamis (28/4/2022) sampai Jumat (29/4/2022). Kemungkinan hari Sabtu, 30 April 2022 sudah melandai," tutur Agus Winartono. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved