Ramadhan 2022

Jelang Arus Mudik Lebaran 2022, KSOP Kelas IIA Kendari Sidak Kesiapan Kapal di Pelabuhan Nusantara

KSOP Kelas IIA Kendari lakukan sidak atau pengecekan (ramp check) terhadap kapal-kapal di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Istimewa
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari lakukan pengecekan (ramp check) terhadap kapal-kapal di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari Sulawesi Tenggara jelang arus musik Lebaran 2022, pada Selasa (5/4/2022).  

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas IIA Kendari lakukan sidak atau pengecekan (ramp check) terhadap kapal-kapal di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari Sulawesi Tenggara, pada Selasa (5/4/2022). 

Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Agus Winarto mengatakan, pengecekan dilaksanakan guna memastikan keamanan kapal yang akan disiapkan untuk beroperasi jelang mudik Lebaran 2022.

"Kami mengantisipasi jika ada temuan-temuan yang tidak di inginkan seperti alat keselamatan, masalah sekocinya. Intinya seluruh aspek  keselamatan dalam kapal kami cek semuanya," kata Agus Winarto. 

Baca juga: KSOP Kendari Ramcek 28 Armada Kapal Laut di Sulawesi Tenggara Jelang Mudik Lebaran 2022

Agus menjelaskan Ramp Chek atau Ramcek dilakukan sejak dini agar ada waktu untuk melakukan perbaikan, apabila ada kerusakan atau temuan saat berlayar yang bisa berakibat fatal.

Kata dia, sekiranya ada 27 kapal yang belum beroperasi dan masih dalam perbaikan. Sementara kapal yang beroperasi ada 8 unit.

Dari hasil Ramcek tersebut, pihaknya meminta operator kapal untuk menyiapkan kapal cadangan jelang mudik sebagai antisipasi jumlah pemudik yang diperkirakan membludak. 

Baca juga: Jumlah Penumpang Kapal Laut di Sulawesi Tenggara Februari 2022 Capai 233 Ribu Orang

Sebab menurutnya, jumlah pemudik tahun ini akan membludak karena kurang lebih 2 tahun masyarakat mudik

"Mungkin mudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar, makanya kami antisipasi memang jika arus penumpang membludak" ucapnya. 

"Karena ini menjadi tanggungjawab kami untuk memastikan aspek kelancaran, keselamatan, keamanan dan ketertiban penumpang selama perjalanan," imbuhnya. 

Tak lupa ia berpesan agar masyarakat saat mudik nantinya tetap harus mematuhi protokol kesehatan, dan juga sudah melalukan vaksin Covid-19 tahap 1 dan 2, serta sudah melakukan antigen. 

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved