Berita Kendari

Tips Puasa Ramadan Ala Rektor UHO Prof Dr Muhammad Zamrun, Sahur dan Berbuka Tepat Waktu

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu membagikan tips agar tetap bugar menjalani puasa selama Ramadan.

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu membagikan tips agar tetap bugar menjalani puasa selama Ramadan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu membagikan tips agar tetap bugar menjalani puasa selama Ramadan.

Seorang Muslim menjalankan puasa Ramadan tentunya menjadi ibadah yang wajib hukumnya untuk dilakukan sebulan penuh.

Selengkapnya, tips menjalankan ibadah puasa di bulan suci yang penuh berkah ini di tengah kesibukan ala Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu.

Ia membagikan tips ini saat ditemui di sela-sela aktivitasnya menghadiri pembukaan Bazar Ramadan Dharma Wanita Persatuan UHO di Kampus UHO pada, Senin (4/4/2022).

Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan tips menjalankan ibadah puasa agar tetap bugar walau di tengah kesibukannya ialah dengan berbuka puasa dan sahur tetap waktu.

Baca juga: Tips Ketua PKK Kota Kendari saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, Perhatikan 3 Hal Ini

"Yang jelas selama bulan puasa ini kita usahakan buka puasa tepat waktu dan sahur juga tepat waktu," katanya.

Kata dia, hal tersebut berdasarkan anjuran Nabi Muhammad SAW untuk menyegerakan berbuka puasa saat tiba dan memperlambat waktu sahur.

"Seperti yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW berbuka puasa sesegera mungkin dan bila perlu sahurnya diperlambat," ungkapnya.

Ia juga menambahkan untuk menu sahurnya sendiri tak ada yang berbeda dengan menu makanan pada umumnya.

Kata dia, terpenting ialah sajian yang ada telah memenuhi menu empat sehat lima sempurna yang terdiri dari karbohidrat, vitamin, dan protein.

Baca juga: Tips Mencegah Bau Mulut dan Menjaga Kesehatan Gigi selama Puasa Ramadan

"Untuk menu akan sama saja dengan menu sehari-hari yang penting cukup 4 sehat 5 sempurna dan ada karbohidrat, protein, dan juga tidak ketinggalan vitamin dari buah-buahan," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada mahasiswa Universitas Halu Oleo agar menjalankan ibadah puasa meski tetap menjalani aktivitas perkuliahan.

"Jadikan puasa bukan suatu beban tetapi anggaplah ini kegiatan rutin yang kita lakukan sehari-hari sejak kecil," tuturnya.

"Sebagai ibadah kita sendiri apabila kita jalankan dengan ikhlas, inshaAllah semua akan berjalan dengan lancar," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved