Berita Sulawesi Tenggara

KNPI Sultra Siap Bantu Pembangunan Sirkuit Balap Nanga Nanga & Penanaman Pohon Jalan Wisata Toronipa

Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara atau KNPI Sultra menyatakan siap bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Ketua KNPI Sultra Alvin Akawijaya Putra 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara atau KNPI Sultra menyatakan siap bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah.

Hal tersebut disampaikan Ketua KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra saat menghadiri undangan rapat bersama Gubernur Sultra, Ali Mazi dan OPD se-Sulawesi Tenggara.

Kegiatan rapat tersebut juga dihadiri Sekda Sultra, Nur Endang Abbas bersama pengurus Kadin Sultra serta organisasi pemuda dan mahasiswa.

Dalam rapat yang berlangsung di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra ini mengagendakan tiga poin pembahasan.

Ketiga poin pembahasan yaitu tindak lanut padat karya kepemudaan, penanaman pohon penghijauan sepanjang Jalan Wisata Toronipa - Kendari, dan progres pengerjaan Sirkuit Balap Nanga Nanga.

Baca juga: Rapat TGUPP Bersama OPD di Rujab Gubernur Sultra, Bahas Penghijauan hingga Sirkuit Balap Nanga Nanga

Ketua KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra, mengatakan, terkait penanaman pohon yang diwacanakan pemerintah, KNPI Sultra siap membantu menjalankan program tersebut.

Kata dia, agar Jalan Wisata Kendari - Toronipa yang menjadi proyek strategis daerah bukan hanya menjadi akses jalan tapi bertambah eksotis dengan penghijauan.

"Tentunya kami dari KNPI Sultra siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan pemerintah," kata Alvin Akawijaya Putra.

Sementara, wacana pembangunan sektor lainnya, ia mengaku perlu ada langkah konkret KNPI dengan pemerintah untuk peran masing-masing.

"Kami buat komunikasi dulu dengan OPD-OPD untuk menyepakati, sehingga KNPI bisa membantu dalam bentuk apa saja seperti dalam pengerjaan Sirkuit Balap Nanga Nanga dan penghijauan," jelasnya.

Baca juga: Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Tuntaskan Kepengurusan Dewan Masjid Indonesia di Kecamatan Kambu

Alvin berharap dari rapat koordinasi dengan pemerintah terkait pembangunan, pemuda bisa lebih berkontribusi dalam membangun Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan, rapat ini sebagai bentuk sinergi dan harmonisasi pemerintah untuk melibatkan semua pihak dalam pembangunan, termasuk kalangan pemuda dan mahasiswa.

"Ini perlu dilakukan untuk menyampaikan program pemerintah khususnya pembangunan, karena program itu untuk kepentingan masyarakat," ucap Ali Mazi.

Munurutnya, dengan melibatkan masyarakat terutama kalangan pemuda dan mahasiswa hingga pengusaha muda, maka semua sektor pembangunan tidak terabaikan karena adanya pengawasan.

"Maka dari itulah kita rapat koordinasi hari ini, dalam rangka melibatkan semua kalangan yang mewakili masyarakat" ujarnya.

Baca juga: Kemarin Serbu Minyak Goreng, Kini Ribuan Emak-emak Padati Kantor Pos Lepo-Lepo Demi Dapat Bansos

"Sehingga program kerja Gubernur perlu mereka tahu dan dilibatkan, agar tidak menjadi awam di daerah sendiri. Karena akan disampaikan maksud, tujuan, visi, dan misi Gubernur," tambahnya.

Ali Mazi mengatakan wacana ini sudah lama terlaksana, hanya sempat terhenti karena pandemi Covid-19 di daerah, di mana pemerintah membatasi kegiatan yang mengundang banyak orang. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved