Berita Konawe

Rutan Kelas II B Unaaha Gelar Sosialisasi Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 Kepada Warga Binaan

Rutan kelas II B Unaaha Kabupaten Konawe menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2022, Kamis (10/02/2022).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Rumah Tahanan atau Rutan kelas II B Unaaha di Desa Lalonggowuna, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2022, Kamis (10/02/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Rumah Tahanan atau Rutan kelas II B Unaaha di Desa Lalonggowuna, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2022, Kamis (10/02/2022).

Sosialisasi tersebut menyasar sejumlah penghuni Rutan kelas II B Unaaha. Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 ini tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat kepada seluruh warga binaan.

Kepala Rutan kelas II B Unaaha, Herianto mengatakan, Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 ini merupakan perubahan kedua atas Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018.

"Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 ini menjadi wajib disampaikan karena merupakan Hak bagi warga binaan," kata Herianto melalui keterangan tertulisnya.

Herianto melanjutkan, dalam Permenkumham tersebut Justice Collabolator sudah tidak lagi menjadi syarat pengusulan remisi ataupun integrasi.

Baca juga: Rutan Kelas II B Unaaha Konawe Deklarasi Janji Kinerja dan Maksimalkan Zona Integritas

Baca juga: Rutan Kelas II B Unaaha Konawe Gelar Vaksinasi Ketiga Kalinya, Untuk Narapidana dan Tahanan

Oleh karenanya, Herianto menambahkan, syarat mutlak agar warga binaan menerima usulan remisi atau integrasi adalah berkelakuan baik dan beberapa ketentuan diatur.

"Dengan mengikuti kegiatan pembinaan dan menaati tata tertib Lapas sebagaimana aturan dalam Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013,” tambahnya.

Selain itu, Ia menegaskan, semua pelayanan mulai dari pengusulan dan pemberian hak-hak warga binaan di Rutan kelas II B Unaaha tidak dipungut biaya sepeserpun (Gratis).

Herianto mengimbau, kepada seluruh keluarga warga binaan agar tidak memberikan imbalan apapun jika ada yang mengatasnamakan Rutan kelas II B Unaaha dalam setiap pemberian layanan kepada warga binaan.(*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved