HPN 2022

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Sebut Peran Mahasiswa Sangat Penting Dalam Penyebaran Informasi

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membuka pelatihan jurnalistik di Institut Agama Islam (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (7/2/2022)

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membuka pelatihan jurnalistik di Institut Agama Islam (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (7/2/2022).

Diketahui, pelatihan tersebut diikuti bersama empat daerah di Indonesia, dengan mengusung tema Workshop Jurnalistik, Wartawan Bisa Apa di Era Digital.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan di era saat ini mahasiswa harus diajak untuk ikut terlibat dalam penyebaran informasi yang bertanggung jawab.

"Mahasiswa sangat berperan penting dalam menyebarkan informasi. Jadi orang-orang yang menyebarkan informasi secara bertanggung jawab," katanya.

Lanjutnya, dalam menyebarkan informasi secara bertanggung jawab artinya bukan hanya sekadar sharing dan komentar.

Baca juga: PWI Beberkan 3 Poin Penting Kerja Jurnalis, Gelar Workshop Jurnalistik di Kampus IAIN Kendari Sultra

Namun kata orang nomor satu di Kota Kendari ini, berkomentar dan memberikan informasi yang dapat mencerdaskan dan nilai manfaat serta membuat tumbuh bersama.

Melalui ini, ia juga mengungkapkan Pemerintah Kota kendari sangat berbahagia dapat dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2022.

"Momentum Hari Pers Nasional 2022 dapat menjadi kesempatan untuk kita semua menyadari informasi saat ini sangat penting dalam arti kita akan sebarkan secara bertanggung jawab," terangnya.

"Karena ke depan yang akan jadi penentu peradaban semakin maju, daerah semakin berkembang dan setara daerah-daerah lain, yaitu informasi berkualitas dihadirkan di tengah masyarakat," imbuhnya.

Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad menyebut teknologi yang semakin berkembang dan maju, khususnya bidang informasi membuat masyarakat leluasa mengaksesnya di manapun dan kapanpun.

Baca juga: 10 Duta Besar Makan Malam Bersama Gubernur Sultra dan Dewan Pers, Kepiting Menu Favorit Para Dubes

Namun di sisi lain, hal tersebut dapat timbul masalah baru dengan banyaknya berita atau informasi hoax yang kerap beredar di tengah masyarakat.

Untuk itu, kata dia, dalam lingkup IAIN Kendari sudah ada UKM Pers yang aktif dijalankan mahasiswa IAIN Kendari.

"IAIN Kendari juga mempunyai mata kuliah penyiaran Islam yang dapat membantu peran jurnalis untuk kemudian sama-sama membangun bangsa secara benar," tuturnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved