Breaking News:

Berita Konawe Kepulauan

Akses Jalan Air Terjun Tumburano Konawe Kepulauan Dikeluhkan Pengunjung, Minta Perhatian Pemerintah

Akses jalan menuju ke Air Terjun Tumburano, Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra) dikeluhkan warga, minta perhatian pemerintah.

Istimewa
Akses Jalan Air Terjun Tumburano Konawe Kepulauan Dikeluhkan Warga, Minta Perhatian Pemerintah 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Akses jalan menuju ke Air Terjun Tumburano, Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dikeluhkan warga, minta perhatian pemerintah.

Air Terjun Tumburano berlokasi di Desa Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Air Terjun Tumburano adalah sebuah air terjun di pedalaman Pulau Wowoni, Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki keindahan memanjakan mata.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (15/1/2022), kata Tumburano berarti tempat air jatuh atau air yang jatuh.

Diketahui, air terjun ini adalah air terjun tertinggi dan terbesar di Kecamatan Wawonii Utara, Konawe Kepulauan.

Baca juga: Air Terjun Samparona Baubau, Keindahan di Balik Hutan Pinus Kepulauan Buton Sulawesi Tenggara

Diperkirakan Air Terjun Tumburano memiliki ketinggian sekira 120 meter dengan tiga undakan air terjun besar dan beberapa undakan kecil.

Ketika musim penghujan, debit airnya sangat deras, sedang saat kemarau akan menyusut tetapi airnya akan sangat lebih jernih.

Air Terjun Tumburano sangat unik karena air akan merayapi dinding batuan sedimen raksasa kecoklatan yang terbentuk seperti sebuah atap rumah adat.

Selain itu, batuan hasil pelarutan berjuta tahun ini bahkan berongga di bagian belakangnya sehingga tampak seperti gua menggantung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved