Mulai 12 Januari 2022, Booster Vaksin Covid-19 Gratis untuk Lansia dan Penerima PBI BPJS Kesehatan

Vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 akan dimulai pada Rabu (12/1/2022), gratis untuk lansia dan penerima PBI BPJS Kesehatan.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi vaksinasi dosis ketiga yang akan dimulai pada Rabu 12 Januari 2022 untuk golongan usia 18 tahun ke atas 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Mulai Rabu, 12 Januari 2022, Pemerintah Indonesia akan mulai menggencarkan vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 di sejumlah daerah.

Hal ini diperintahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Seperti yang diunggah pada akun instagram Sekretariat Kabinet RI @sekretariat.kabinet, menyebutkan bahwa Presiden Jokowi memutuskan untuk mulai melakukan vaksinasi booster pada Rabu (12/1/2022).

Keputusan Presiden Jokowi ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin setelah Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi PPKM, Senin (3/1/2022) lalu.

Vaksinasi dosis ketiga yang akan mulai dilaksanakan esok lusa yaitu diperuntukkan untuk golongan usia dewasa di atas 18 tahun.

Baca juga: Pemkot Kendari Terus Genjot Program Vaksinasi, Dibuka 10-14 Januari, Jadwal dan Lokasi 

Adapun vaksinasi booster baru akan dilakukan di beberapa daerah yang telah memenuhi batas kriteria sebesar 70 persen untuk vaksin dosis pertama dan 60 persen untuk pemberian vaksin dosis kedua.

"Sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan tanggal 12 Januari, ini (vaksin booster) akan diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO," jelas Menkes Budi Gunadi, seperti dikutip TribunnewsSultra.com dari akun instagram @sekretariat.kabinet, Senin (10/1/2022).

"Dan akan diberikan ke kabupaten /kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen suntik pertama dan 60 persen untuk suntik kedua", sambungnya.

Vaksin Booster Gratis untuk PBI BPJS

Sementara itu, Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memaparkan bahwa sasaran vaksinasi dosis ketiga secara gratis adalah lanjut usia (lansia) dan masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

"Akan ada dua mekanisme mandiri dan ditanggung pemerintah, yang pemerintah PBI dan lansia," ujar Nadia, seperti dilansir TribunnewsSultra,com dari Kompas.com.

Baca juga: Kejar Target Vaksinasi Anak, Dinkes Kota Kendari Bakal Door to Door di Tiap Kelurahan

Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) sendiri adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh PBI JK yakni meliputi:

1. WNI;

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved