Breaking News:

Berita Ekonomi

Bank Indonesia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Sultra 2022 Capai 5,5 Persen, Ini Lima Faktor Pendorong

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di 2022 mencapai 5,5 persen.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (BI Sultra) Bimo Epyanto 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di 2022 mencapai 5,5 persen.

Capaian tersebut tentunya bukan tanpa alasan, karena mengingat proyeksi nasional pada tahun 2021 menargetkan hingga 4,0 persen dan Sultra mencapai 3,97 persen.

Sehingga hal itu menjadi acuan Bank Indonesia Sultra yakin dapat mencapai pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi pada tahun 2022.

Kepala Bank Indonesia Sultra Bimo Epyanto mengatakan perekonomian Sultra diperkirakan tumbuh lebih baik pada 2022 selaras dengan pemulihan ekonomi nasional dan global.

"Selain itu terus meningkatnya aktivitas dan konsumsi masyarakat seiring penanganan pandemi Covid-19 lebih baik dan pembangunan infrastruktur mendukung kinerja ekonomi lebih tinggi," ucapnya, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: TERBARU Harga 41 Jenis HP Vivo Semua Seri Tahun Ini, Juga harga Vivo V Series Januari 2022

Ia menuturkan, dalam outlook pertumbuhan ekonomi Sultra 2022 terdapat dua kemungkinan yakni Upside Factor (kemungkinan akan naik) dan Downside Factor (kemungkinan akan turun).

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk kemungkinan pertumbuhan ekonomi bakal naik terdapat lima faktor yang dapat dijelaskan.

"Faktor pertama, meningkatnya aktivitas, daya beli, dan ekspektasi masyarakat sejalan dengan pemerintah mempercepat program vaksinasi dan perkembangan Covid-19 semakin membaik," jelasnya.

Lanjutnya, faktor kedua yakni peningkatan investasi terutama untuk pembangunan smelter nikel, pengembangan pabrik aspal, industri pengolahan gula, serta investasi di sektor swasta lainnya.

Faktor ketiga perbaikan kinerja konstruksi seiring dengan percepatan pembangunan berbagai proyek swasta dan proyek pemerintah.

Baca juga: Diskon Rp10 Ribu Tiap Belanja Anti Nyamuk, Sabun Mandi hingga Deodorant di Indomaret Kendari

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved