Breaking News:

UPDATE Korban Erupsi Gunung Semeru, 1 Warga Tewas, 2 Orang Hilang, 300 KK Mengungsi

Bencana erupsi Mahameru atau Gunung Semeru, gunung berapi tertinggi di Pulau jawa Sabtu (4/12/2021) menelan korban jiwa hingga 10 warga masih terjebak

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
kolase foto (handover)
Update korban erupsi Gunung Semeru dan dampak letusan, 1 korban meninggal dunia, 41 luka bakar, 2 hilang, dan 10 warga masih terjebak, serta 300 KK mengungsi 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Bencana alam meletusnya gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru yang terletak di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (4/12/2021) kemarin sore, sangat mengejutkan masyarakat terutama warga Kabupaten Lumajang.

Besarnya erupsi Gunung Semeru kemarin sore waktu setempat menyebabkan sejumlah warga menghilang dan masih ada yang terjebak, bahkan menelan nyawa seorang warga.

Dilansir TribunnewsSultra.com dari Tribunnews.com, tercatat data sementara oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu (4/12/2021), peristiwa bencana letusan Gunung Semeru berdampak ke 6 desa yang berada di 2 kecamatan di Lumajang.

Sebaran abu vulkanik Gunung Semeru juga sudah berdampak di 11 desa/kelurahan di 9 kecamatan.

Bencana guguran awan panas Gunung Semeru menyebabkan seorang warga meninggal dunia.

Baca juga: Nenek dan Cucu Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Hujan Batu hingga Petir Menyambar: Seperti Kiamat

Kemudian terdapat 2 orang hilang, 8 sampai 10 orang masih terjebak, dan 70 warga dilarikan ke puskesmas, serta 300 KK mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Adapun kerusakan dan kerugian materil akibat bencana ini masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim, Minggu (5/12/2021) pagi ini.

Kepala BNPB memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya pada pengoptimalan proses evakuasi korban bencana dan penyaluran kebutuhan dasar pengungsi berjalan dengan baik.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved