Breaking News:

Berita Kendari

Siapkan Mahasiswa Berjiwa Wirausaha, FEBI Universitas Muhammadiyah Kendari Gelar Dialog Akademik

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari atau FEBI UMK menggelar dialog akademik, Senin (29/11/2021).

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari atau FEBI UMK menggelar dialog akademik, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari atau FEBI UMK menggelar dialog akademik, Senin (29/11/2021).

Kegiatan dialog akademik ini guna menyiapkan mahasiswa FEBI Universitas Muhammadiyah Kendari memiliki jiwa berwirausaha.

Mengusung tema "Penguatan Profil Lulusan Program Studi Manajemen dan Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam" giat tersebut berlangsung di Gedung Aula E UMK.

Seorang praktisi bisnis, Kasra Jaru Munara mengatakan, saat ini tantangan yang kerap dihadapi adalah ketidakcocokan antara jurusan lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan perusahaan.

"Seringnya ada keluhan dari pihak dunia usaha dan industri, untuk itu sejumlah perusahaan membuat program training yang memakan biaya dan menimbulkan masalah," katanya, Senin (29/11/2021).

Baca juga: UHO Kendari Kerja Sama Balai Latihan Kerja, Genjot Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi

Ia juga menambahkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa saat ini bukan lagi jaminan untuk dapat bekerja melainkan skill yang dimiliki.

"Membuat program On The Job Training mungkin itu bisa salah satunya, sebab bila telah magang lebih dulu setidaknya mereka sudah memiliki gambaran serta ilmu yang diserap meski sedikit," jelasnya.

Ketua Jurusan Manajemen Nur Azizah Rasudu menerangkan banyak dari mahasiswa FEBI UMK setelah lulus kuliah terjun ke dunia usaha dan industri.

Untuk itu, ia mengatakan sebaiknya mahasiswa diberikan pemahaman dunia usaha dan industri sejak semester awal.

"Ya, agar mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu saat ia peroleh selama perkuliahan, dan melihat perkembangan zaman yang hanya tidak sekadar terpaku menjadi seorang PNS saja," ucapnya.

Baca juga: Peringati FISIP Days UHO 2021, BEM Gelar Lomba Dosen Favorit, Kunjungan ke Lapas Anak Kendari

Nur Azizah Rasudu berharap dengan kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membuka wawasan dan mengubah pola berpikirnya.

"Iya, mereka harus mulai berpikir untuk berwirausaha dengan lebih memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini," harapnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved