Breaking News:

Berita Ekonomi

Pemprov Sulawesi Tenggara Dorong Peran UMKM di Sultra, Jadi Pilar Penting dalam Pemulihan Ekonomi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendukung peran UMKM yang menjadi pilar dalam pemulihan ekonomi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Asisten II Setda Pemprov Sultra Suharno 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendukung peran UMKM yang menjadi pilar dalam pemulihan ekonomi.

Mengingat, peran UMKM dalam memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja sebesar 90 persen dan juga Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional serta pilar penting kemajuan ekonomi suatu daerah.

Langkah serta upaya dilakukan bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra serta pihak terkait lain terus mendorong kemajuan UMKM.

Asisten II Pemprov Sultra Suharno mengatakan pemulihan ekonomi yang dilakukan otoritas terkait tentunya perlu dukungan pemerintah.

"Kami mengapresiasi kepada Bank Indonesia Perwakilan Sultra yang telah mendorong kemajuan UMKM di Sultra dengan berbagai langkah dan upaya," ucapnya, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Bank Indonesia Awasi Perilaku Penyelenggara Sistem Pembayaran, Perkuat Perlindungan Konsumen

Lanjut Suharno, peran tersebut merupakan sinergitas antara Pemprov Sultra, Bank Indonesia Sultra dan stakeholder lainnya yang turut andil dalam pemulihan ekonomi.

Katanya di era digitalisasi ini menjadi potensi serta peluang bagi para UMKM untuk berkembang dan bersaing di masa pandemi.

"Berangkat dari kondisi tersebut, transformasi digital merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh UMKM di Sultra," ujarnya.

Kata Asisten II, hal itu karena tuntutan reformasi teknologi terus berkembang, transaksi jual beli dilakukan masyarakat yang semula offline berubah menjadi online.

"Tugas dari otoritas terkait yakni bagaimana para pelaku usaha yang ada di daerah ikut andil dalam market place tersebut," tuturnya.

Baca juga: Realisasi Dana Alokasi Khusus Fisik Sulawesi Tenggara hingga September 2021 Capai Rp574,32 Miliar

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved