Breaking News:

Berita Ekonomi

Bank Indonesia Awasi Perilaku Penyelenggara Sistem Pembayaran, Perkuat Perlindungan Konsumen

Bank Indonesia (BI) saat ini melakukan pengawasan perilaku penyelenggara sistem pembayaran dan layanan leuangan.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kegiatan Kick-Off Pengawasan Perilaku Penyelenggara dalam rangka Memperkuat Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, yang digelar secara virtual, Jumat (12/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bank Indonesia (BI) saat ini melakukan pengawasan perilaku penyelenggara sistem pembayaran dan layanan keuangan.

Pengawasan tersebut guna memperkuat perlindungan konsumen melalui pengawasan perilaku penyelenggara.

Baik di bidang sistem pembayaran, pasar uang dan pasar valas, dan kegiatan layanan uang, serta pihak lainnya yang diatur dan diawasi Bank Indonesia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P Joewono mengatakan pengawasan dilakukan secara langsung dan atau tidak langsung terhadap perilaku penyelenggara dalam menjalankan usahanya.

"Dengan pendekatan market conduct terfokus pada perilaku penyelenggara dalam mendesain, menyusun, dan menyampaikan informasi," ucapnya, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Realisasi Dana Alokasi Khusus Fisik Sulawesi Tenggara hingga September 2021 Capai Rp574,32 Miliar

"Kemudian, menawarkan, membuat perjanjian atas produk dan/atau jasa, serta penanganan dan penyelesaian pengaduan," tambahnya.

Katanya, dalam pelaksanaan pengawasan perilaku penyelenggara akan melengkapi pengawasan prudential yang sudah ada di Bank Indonesia.

Menurutnya, hal itu guna secara berdampingan menciptakan stabilitas sistem keuangan melalui terjaganya perlindungan kepada konsumen.

"Sebelumnya pengawasan yang ada di Bank Indonesia berfokus pada kesehatan penyelenggara, kemudian diperluas ke ranah perlindungan konsumen," ujarnya.

Jelasnya, dengan dilakukan pengawasan terhadap perilaku penyelenggara, penyelenggara semakin terdorong untuk senantiasa memerhatikan kepentingan konsumen.

Baca juga: Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Bakal Gelar Sultra Ecofest 2021, Dimeriahkan Penyanyi Mahen

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved