Lawan Covid19

Angka Kasus Covid-19 Turun, Satgas dan Persi Imbau RS Selalu Siaga, PPKM Skala Mikro Strategi Tepat

Meski angka kasus Covid-19 turun, Satgas dan Persi imbau rumah sakit selalu siaga, PPKM skala mikro strategi tepat.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Meski angka kasus Covid-19 turun, Satgas dan Persi mengimbau rumah sakit selalu siaga, PPKM skala mikro strategi tepat.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengatakan angka kasus Covid-19 terus turun.

Hanya saja, meski angka kasus Covid-19 menurun, Alexander Ginting mengimbau warga di seluruh Indonesia agar tetap waspada.

Tak hanya meminta warga tetap waspada, Alexander Ginting, juga mengimbau rumah sakit seluruh Indonesia, agar selalu siap siaga.

Kata dia, tempat isolasi terpusat dan posko PPKM harus tetap bekerja guna mengawal pelaksanaan PPKM, agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), dr Lia G Pratakusuma.

Menurutnya, BOR atau ketersediaan tempat perawatan Covid-19 di rumah sakit rata-rata sudah dibawah 10 persen.

Namun, dr Lia G Pratakusuma meminta rumah sakit di seluruh Indonesia agar tetap waspada meski angka kasus Covid-19 tersebut menurun.

Hal ini juga menyusul permintaan Satgas Covid-19 melalui Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting.

dr Lia G Pratakusuma mengatakan pihak rumah sakit sampai saat ini tidak pernah mengurangi standar untuk skrining pada setiap rumah sakit.

Menurutnya, rumah sakit di seluruh Indonesia tetap melakukan prosedur sama seperti saat terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Di mana semua pasien dilakukan pemeriksaan dengan baik yang mau ada tindakan juga kita skrining dengan ketat termasuk petugas kita atau nakes," jelasnya.

"Itu juga harus kita perhatikan. Jadi kami di rumah sakit tetap memberlakukan semua persyaratan atau semua tata cara saat pandemi Covid-19," lanjut dr Lia.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia pun mengimbau pemerintah segera mempercepat dan memperluas vaksinasi kepada masyarakat rentan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved