Breaking News:

Berita Kendari

Abdul Razak - Andi Sulolipu Ungguli Incumbent Survei Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari

Pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu dinilai ideal dalam pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari pada Pilwali 2024 mendatang.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Tangkapan Layar
The Haluoleo Institute mengumumkan hasil survei simulasi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari berdasarkan tingkat elektabilitas, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu dinilai ideal dalam pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari pada Pilwali 2024 mendatang.

Hal itu berdasarkan hasil survei The Haluoleo Institute tentang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2024.

Diketahui, survei ini menggunakan metode multi stage random sampling dengan jumlah responden 440 orang dari 4-10 Agustus 2021.

Dalam uji simulasi survei tersebut, terdapat empat pasangan sebagi kandidat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.

Keempat pasangan tersebut yaitu, Abdul Razak - Andi Sulolipu, Sulkarnain Kadir - Siska Karina Imran, Aksan Jaya Putra - La Ode Muh Inarto, serta Ishak Ismail - Radhan Alghindo Nur Alam.

Baca juga: Pendapatan Turun Gegara Covid-19, Mayoritas Warga Kendari Ingin Imbauan Tinggal di Rumah Dihentikan

Simulasi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari itu berdasarkan tingkat elektabilitas masing-masing tokoh.

Berdasarkan hasil survei lembaga tersebut, pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu memiliki elektabilitas tertinggi jika berpasangan dalam pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.

Sama halnya jika dibandingkan dengan kandidat lainnya, pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu masih lebih unggul.

"Pasangan Abdul Razak dan Andi Sulolipu memperoleh dukungan sebesar 31,4 persen," kata Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, Naslim Sarlito Alimin, Rabu (29/9/2021).

Kata dia, hasil survei dukungan ini, mengalahkan pasangan Sulkarnain Kadir dan Siska Karina Imran yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari.

Baca juga: Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Buka Beasiswa Bagi Mahasiswa UHO Kendari, Syarat dan Jadwal Daftar

"Untuk posisi pasangan Sulkarnain Kadir dengan Siska Karina Imran atau incumbent berada pada urutan kedua dengan nilai 29,1 persen," ujar Naslim.

Sementara hasil survei pasangan lain yakni Aksan Jaya Putra - La Ode Muh Inarto sebesar 5,0 persen. Sedangkan, sebanyak 4,1 persen untuk pasangan Ishak Ismail - Radhan Algindo Nur Alam.

Selain itu, sebanyak 30,4 persen koresponden belum memberikan tanggapan atau masih merahasiakan pilihan dari survei tersebut. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved