Breaking News:

Berita Kendari

Pemakaian BBM Berkualitas di Kota Kendari Capai 94 Persen, Pertalite dan Pertamax

Syarifuddin mengatakan masyarakat kota-kota besar di Sulawesi pun sudah membutuhkan BBM ramah lingkungan berkualitas dengan RON tinggi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teratai, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara telah mencapai 94 persen.

Hal itu diungkapkan Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Subholding Commercial & Trading, Laode Syarifuddin Mursali.

Syarifuddin mengatakan masyarakat kota-kota besar di Sulawesi pun sudah membutuhkan BBM ramah lingkungan berkualitas dengan RON tinggi.

Jenis BBM tersebut seperti Pertalite dan Pertamax terlihat dari tren konsumsi BBM khususnya jenis bensin atau gasoline hingga Agustus 2021.

"Secara proporsi penggunaan BBM berkualitas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di di Sulawesi seperti Makassar sendiri sudah mencapai 88 persen dibandingkan konsumsi Premium di kisaran 12 persen," ujarnya, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Penggunaan BBM Tak Sesuai Spesifikasi, Sebabkan Kendaraan Turun Mesin, Biaya Dikeluarkan Rp 30 Juta

Proporsi konsumsi total untuk BBM berkualitas dibandingkan konsumsi Premium di kota - kota besar lainnya juga sudah sangat tinggi seperti Kota Gorontalo sudah mencapai 91 persen.

Kemudian Kabupaten Gorontalo 94 persen, Manado 95 persen dan bahkan Palu mencapai 98 persen.

Laode pun menjelaskan kebanyakan pabrikan kendaraan sekarang sudah menyarankan penggunaan BBM RON 92 setara Pertamax.

Selain direkomendasikan karena teknologi mesin kendaraan sekarang yang sudah injeksi dan turbo, BBM oktan tinggi ini akan membuat mesin memiliki pembakaran yang sempurna.

Sehingga akan lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang dapat diminimalisir dan lebih irit.

Baca juga: Instruktur Mekanik Sebut Salah Pilih BBM Berakibat Fatal Bagi Mesin, Kendaraan Bisa Boros

"Produk Pertamax ini punya teknologi Pertatec (Pertamina Technology) yang dirancang untuk melindungi mesin yang membuat bahan bakar mampu membersihkan endapan kotoran pada bagian mesin 3x lebih baik,"ucapnya.

Lanjutnya produk pertamax juga dapat membersihkan endapan kotoran pada bagian injector sehingga mengoptimalkan pembakaran dan konsumsi bahan bakar.

Diketahui, saat ini di pasaran untuk BBM jenis gasoline terdapat RON 88 Premium atau setara, RON 90/91 Pertalite atau setara, RON 92 Pertamax atau setara, RON 95/98 Pertamax Turbo atau setara.

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved