Breaking News:

Berita Kendari

Mahasiswa UHO Tanam 100 Bibit Mangrove di Torobulu, Dampak Aktivitas Pertambangan

Sosialisasi kesehatan itu dilakukan oleh Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Halu Oleo atau KSR PMI UHO.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa UHO dari Fakultas MIPA melakukan giat sosialisasi dan penanaman bibit mangrove di Desa Torobulu dan Desa Wonua Kongga Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mahasiswa Universitas Halu Oleo, (UHO) Kendari lakukan giat bakti sosial (baksos) hingga penanaman ratusan bibit mangrove, Kamis (2/9/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Torobulu dan Desa Wonua Kongga Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan ( Konsel ), Sulawesi Tenggara.

Sebelum melakukan kegitan baksos, sejumlah mahasiswa UHO dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam itu melakukan sosialiasi kesehatan.

Sosialisasi kesehatan itu dilakukan oleh Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Halu Oleo atau KSR PMI UHO.

Ketua panitia kegiatan, La Ode Usman Zahir, mengatakan kegiatan tersebut bentuk keprihatinan karena lingkungan desa mulai tercemar akibat aktivitas perusahaan tambang di desa setempat.

Baca juga: Dekan FHIL UHO: Tanaman Mangrove Dapat Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Sumur Bor

"Ya kami dibantu bersama KSR PMI UHO guna mensosialisasikan pentingnya kebersihan lingkungan dan Alhamdulillah antusiasme warga begitu tampak," katanya saat ditemui, Jumat (3/9/2021).

Sosialisasi pentingnya lingkungan bersih di desa setempat bukan tanpa alasan sejumlah mahasiswa UHO itu dilakukan.

Pasalnya air di desa tersebut sudah tak layak pakai dan udara pun tampak tak sehat.

"Airnya masyarakat itu sudah kecoklatan dan udara juga disana kotor," ujar Zahir panggilan sapa ketua panitia kegiatan tersebut.

Zahir menerangkan, walaupun udara dan air di desa tersebut telah tercemar, namun campur tangan pemerintah belum tersentuh guna menindaklanjutinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved