Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Mahasiswa Berunjuk Rasa di Polda Sultra Tuntut Bos PT AKP Dipenjarakan Karena Sengketa Tambang

Dalam aksinya, puluhan pemuda tersebut menuntut kelanjutan perkara kasus Ivy Djaya Susanto yang hingga kini belum dipenjarakan.

Penulis: Husni Husein | Editor: Laode Ari
Husni Husein/Tribunnewssultra
Puluhan Mahasiswa dan Pemuda melakukan demonstran di Polda Sultra untuk menunyut kelanjutan perkara kasus Ivy Djaya Susanto yang hingga kini belum dipenjarakan, Senin (23/8/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI-  Puluhan pemuda dan mahasiwa menggelar aksi demonstrasi di Polda Sultra, berlokasi di Jalan Haluoleo Nomor 1, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kendari, Senin (23/8/2021).

Puluhan aksi pemuda tersebut tergabung dalam Konsorsium Mahasiswa Pembela Sultra atau KMPS dan masyarakat Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, dan Kolaka Utara.

Dalam aksinya, puluhan pemuda tersebut menuntut kelanjutan perkara kasus pertambangan Ivy Djaya Susanto yang hingga kini belum dipenjarakan.

Baca juga: Polda Sultra Tangkap 11 Warga, Dituding Halangi Aktivitas Pertambangan di Konawe Utara

"Berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI nomor 378 KUHP Pidana 2021 agar Ivy Djaya Susanto mengapa belum ditangkap dan dipenjarakan," ujar sang orasi.

Selain meminta Pengadilan Negeri untuk menindaklanjuti proses perkara Ivy, para demonstran juga menuntut Polda Sultra untuk bersikap netral dan menghentikan pengawalan di wilayah PT AKM yang diklaim PT AKP.

Kemudian meminta Ketua DPRD Sultra untuk memanggil pihak PT AKP agar tidak melakukan aktivitas pertambangan di lahan PT AKM sesuai putusan Mahkamah Agung RI nomor 378 K/Pidana 2021.

Diketahui dalam aksi tersebut sempat sempat terjadi aksi saling dorong antara para demonstran dan pihak keamanan.

Baca juga: Demonstrasi Mahasiswa Kendari, Tuntut Pemerintah Tindak Perusahaan Tambang yang Gunakan Jalan Umum

Akibatnya dalam aksi tersebut sempat terpantau tegang antara pihak kepolisian dan masa aksi.

Selanjutnya beberapa orang dari masa aksi diminta untuk masuk ke dalam Polda Sultra guna mendiskusikan yang menjadi tuntutan masa aksi.

Hingga berita ini diturunkan, aksi sedang berlangsung dan terpantau kondusif. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved