Breaking News:

Berita Baubau

Sholat Idul Adha di Lapangan dan Masjid, Pemkot Baubau Sebut Hanya Digelar di Lokasi Zona Hijau

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban hanya dilakukan di lokasi zona hijau.

Editor: Sitti Nurmalasari
Muhammad Abdiwan/ Tribun Timur
Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di kedua tempat yang dimaksud hanya dilakukan di lokasi zona hijau. (Foto Ilustrasi) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota Baubau (Pemkot Baubau) menetapkan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di lapangan dan masjid.

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar mengatakan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di kedua tempat yang dimaksud hanya dilakukan di lokasi zona hijau.

Menurutnya, keputusan ini dipastikan tidak bertentangan dengan SE Menag No.15, Surat Mendagri, Surat Gubernur Sultra, dan Surat Walikota Baubau tentang PPKM dan Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1442 H di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban dilaksanakan di lapangan dan masjid hanya di lokasi zona hijau," ujarnya seperti dikutip dari laman sultra.kemenag.go.id, Kamis (15/7/2021).

Selanjutnya, lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan kurban akan ditetapkan dengan surat dari pihak berwenang.

"Dikoordinir para Camat dan Kepala KUA berkoordinasi dengan Lurah se-Kota Baubau," tambahnya.

Baca juga: Kapan Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Jelang Idul Adha? Simak Ketentuan dan Niatnya

Baca juga: Cocok untuk Hidangan Idul Adha 1442 H, Berikut Resep Bumbu Sate Kambing dan Sapi

Roni Muhtar menegaskan pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di kedua tempat ini, harus benar-benar secara ketat menerapkan protokol kesehatan.

Khususnya penyelenggaraan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di masjid, pengurus masjid harus meneken pernyataan siap melaksanakan prokes secara ketat.

"Ini juga berlaku bagi tempat penyembelihan hewan kurban," ujarnya.

Sedangkan untuk lokasi zona merah pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban ditiadakan di masjid dan lapangan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Rahman Ngkaali menambahkan penetapan awal Dzulhijjah 1442 H sekaligus penentuan Hari Raya Idul Adha 1442 H telah disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat telekonferensi pers, Sabtu (10/7/2021). 

Baca juga: Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah, Lengkap Jadwal, Keutamaan dan Doa Berbuka Puasa

Baca juga: Idul Adha 1442 H Jatuh Selasa 20 Juli 2021, Simak Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah

Berdasarkan sidang isbat tersebut, 1 Dzulhijjah tepat jatuh pada Minggu, 11 Juli 2021, sedang Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. 

Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban wajib memperhatikan SE Menag No.15 Tahun 2021 tentang Penerapan Prokes dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/ 2021 M. (*)

Ikuti Berita Idul Adha 2021

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved