Berita Kendari

Benarkah ZI WBK WBBM Indikator Keterbukaan Informasi di Pengadilan Agama Kendari Hanya Pajangan?

TribunnewsSultra.com berkunjung ke kantor Pengadilan Agama Kendari Rabu (18/1/2023) untuk mengakses informasi langsung, petugas pengadilan mempersulit

Penulis: Sugi Hartono | Editor: Desi Triana Aswan
Kolase Tribunnewssultra.com
Pengadilan Agama Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA,KENDARI- Benarkah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi- Wilayah Bebas Bersih untuk indikator keterbukaan informasi dalam melayani elemen masyarakat di Pengadilan Agama Kendari hanya merupakan pajangan?

Pertanyaan tersebut menjadi tanda tanya besar, pasalnya TribunnewsSultra.com berencana menurunkan laporan terkait jumlah pernikahan di bawah umur termasuk jumlah perceraian di Kendari.

TribunnewsSultra.com berkunjung ke kantor Pengadilan Agama Kendari pada Rabu (18/1/2023) yang beralamatkan di Jl Kapten Piere Tendean, Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Ribetnya Akses Informasi di PN Agama Kendari, Diduga Tak Sesuai Indikator Zona Integritas WBK WBBM

Hanya saja, untuk mengakses informasi langsung, petugas pengadilan mempersulit hal tersebut.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dan Otonomi Daerah Kemenpan RB Jufri Rahman yang juga termasuk tim penilai ZIWBK WBBM yang dikonfirmasi belum memberikan jawaban terkait WBK WBBM di Pengadilan Agama Kendari. 

Sebelumnya diberitakan, salah satu petugas PN Agama Kendari Sudarmin mengatakan untuk akses informasi harus memasukan surat.

"Nanti akan dibalas dan bisa melakukan wawancara," tuturnya.

FOTO Gedung Pengadilan Agama Kendari -
FOTO Gedung Pengadilan Agama Kendari - (Istimewa)

Kata Sudarmin Hal tersebut merupakan kebijakan baru yang diambil oleh pemimpinnya.

Sudarmin mengakui sebelumnya permintaan informasi di kantornya tidak seribet ini khususnya bagi jurnalis.

"Hanya karena pimpinan baru makanya ada aturan tersebut, jadi kita harus hargai," tuturnya

Ia mengatakan hal tersebut akan terus berlaku apabila jurnalis hendak melakukan peliputan khususnya wawancara, " Jadi setiap wawancara harus ada surat yang kita bawa termasuk pertanyan pertanyaan yang diajukan, nanti kalau masuk suratnya, kita akan balas surat tersebut, baru bisa melakukan wawancara," tuturnya.

Apa Itu Zona Integritas menuju WBK/WBBM?

Baca juga: Pengadilan Agama Layangkan Surat Batas Tanah, IKA MAN 1 Baubau Sultra Lakukan Tinjauan Yuridis

Diketahui Pengadilan Tinggi Agama Kendari sedang menerapkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. 

ZI WBK WBBM adalah salah satu road map pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang diharapkan Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah, terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM ini birokrasi diberikan 6 area perubahan yang harus dibenahi salah satunya keterbukaan informasi dan pelayanan yang cepat 

Hanya saja Pengadilan Tinggi Agama Kendari agaknya hanya menjadikan program WBK WBBM itu sebagai pajangan dan ucapan selamat datang ketika berkunjung kekantornya. 

Pengadilan Agama Kendari
Pengadilan Agama Kendari (Kolase Tribunnewssultra.com)

Tanpa mengimplementasikan maksud dan tujuan WBK WBBM itu dilakukan salah satunya yakni memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dari birokrasi. 

(Tribunnewssultra/Sugi Hartono) 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved