Berita Sulawesi Tenggara

Konawe Selatan dan Wakatobi di Sultra Diprediksi Akan Diguyur Hujan Malam Pergantian Tahun Baru 2023

Berdasarkan hasil observasi terdapat dua wilayah di Sultra diprediksi mengalami hujan sedang disertai guntur dan angin kencang pada 31 Desember 2022.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan terdapat beberapa hasil observasi mengenai cuaca di wilayah Sultra hingga 1 Januari 2023.

"Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada kendala cuaca yang berarti seperti hujan pada saat malam Tahun Baru 2023," ungkapnya, Jumat (30/12/2022).

Faizal menambahkan kendati demikian masyarakat harus tetap waspada dan mempersiapkan diri, terlebih jika terjadi hujan dan antisipasi dampak bencana.

Selain itu, berdasarkan hasil observasi terdapat dua wilayah di Sultra yang diprediksi mengalami hujan sedang disertai guntur dan angin kencang pada 31 Desember 2022.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Kendari: Malam Pergantian Tahun Baru 2023 di Sulawesi Tenggara Cerah Berawan

"Hasil observasi ini, terdapat dua wilayah di Sultra yaitu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Wakatobi," imbuhnya.

Kata dia, penyebabnya adalah masih umum yaitu gelombang atmosfer tipe rossby ekuatorial terpantau aktif di wilayah Sultra.

BMKG melihat terdapat anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air).

Kemudian, massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal juga terpantau masih terkonsentrasi di wilayah Sultra.

"Hal-hal tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara," katanya.

Baca juga: Warga Sulawesi Tenggara Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem saat Liburan Tahun Baru di Tempat Wisata

Faizal Habibie menambahkan pada 1 Januari 2023, Stasiun Meteorologi Maritim Kendari tak mendeteksi adanya potensi terjadinya hujan, sehingga diperkirakan awal tahun cuaca akan cerah. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved