UHO Kendari

Manfaat RUTF, Makanan Khusus Atasi Masalah Gizi Dipaparkan Lewat Seminar Fakultas Kesmas UHO Kendari

Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Seminar Nasional di Kota Kendari, Sultra.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Seminar Nasional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa pemateri yang berpengalaman untuk memberikan ilmu tentang penanggulangan masalah gizi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Seminar Nasional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa pemateri yang berpengalaman untuk memberikan ilmu tentang penanggulangan masalah gizi.

Seminar Nasional ini mengangkat tema "Pengembangan Produk Ready To Use Therapeutic Food (RUTF) Sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Gizi".

Salah seorang pemateri dalam Seminar Nasional, Dr Zuraidah Nasution membahas manfaat dan perkembangan RUTF di Indonesia.

Katanya, malnutrisi terjadi ketika kekurangan, kelebihan atau ketidakseimbangan dalam asupan energi seseorang.

Baca juga: Persatuan Perawat Rumah Sakit Bhayangkara Kendari Gelar Seminar Perbarui Asuhan Keperawatan

"Malnutrisi juga ini di mana seseorang yang memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit makanan dan nutrisi penting dalam tubuhnya," katanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, salah satu penanggulangan malnutrisi yaitu dengan produk RUTF, makanan berbasis tinggi makronutrient yang dapat digunakan untuk perbaikan status gizi.

Lewat kegiatan ini juga diharapkan agar mahasiswa mengetahui produk RUTF dapat digunakan sebagai jalan atau upaya dalam mencegah terjadinya masalah gizi.

"Harapannya juga dengan diangkatnya tema kegiatan Seminar Nasional ini dapat membantu dalam menekan terjadinya masalah gizi yang telah marak di Indonesia khususnya di Sultra," pungkasnya.

Selain Dr Zuraidah Nasution, pemateri lainnya yakni Wiwin Winarsih dengan tema "Pemanfaatan Ready To Use Therapeutic Food Dalam Penanganan Malnutrisi di Rumah Sakit".

Baca juga: Tips Wirausaha Ala Narasumber Seminar HMJ Pendidikan Geografi UHO Kendari, Jangan Ragu-ragu Memulai!

Kemudian Dr Jafriati membahas tentang "Senyawa Bioaktif Gonad Landak Laut Diadema Setosum (Kajian Ethnomedicine).

Untuk diketahui, RUTF merupakan makanan pemulihan untuk balita sangat kurus (wasting) yang berupa makanan padat, bentuk pasta diperkaya dengan zat gizi berupa vitamin dan mineral.

RUTF digunakan dalam program perawatan, baik rawat inap atau rawat jalan, dan untuk balita yang datang ke pusat pelayanan kesehatan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved