Berita Sulawesi Tenggara

Forum TBM Sulawesi Tenggara Buka Lapak Baca 2 Pekan Sekali di Kolam Retensi Boulevard Kendari

Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sulawesi Tenggara (Sultra) buka lapak baca gema literasi di Kolam Retensi Boulevard, Kota Kendari.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sulawesi Tenggara (Sultra) buka lapak baca gema literasi di Kolam Retensi Boulevard, Kota Kendari. Kegiatan tersebut diselenggarakan dua pekan sekali setiap hari Minggu pukul 15.30 Wita hingga menjelang Magrib. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Sulawesi Tenggara (Sultra) buka lapak baca gema literasi di Kolam Retensi Boulevard, Kota Kendari.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dua pekan sekali setiap hari Minggu pukul 15.30 Wita hingga menjelang Magrib.

Ketua Forum TBM Sultra, Wa Ode Nur Iman mengatakan kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan beberapa komunitas yang tergabung dalam Forum TBM Sultra.

"Forum TBM Sultra terdiri dari beberapa komunitas yang ada di Sultra. Seperti Sultra Island Care (SIC), Andakara, dan lainnya," katanya kepada TribunnewsSultra.com, Minggu (4/12/2022).

Ia menjelaskan pihaknya mengadakan gema literasi dan membuka lapak baca di Kolam Retensi Boulevard, karena melihat animo masyarakat untuk membaca masih kurang.

Baca juga: Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Komunitas Ruang Buku Konawe Gelar Lapak Buku di Kecamatan Unaaha

Meskipun, kata dia, hasil penelitian Perpustakaan Sultra, masyarakat sudah berada di posisi sedang dan menuju ke baik dalam aktivitas membaca.

Namun itu bukan menjadi indikator utama menentukan minat baca di Sultra baik-baik saja, karena sasaran dari survei tersebut harus dilihat lebih detail.

"Tetapi harus dilihat lagi, siapa sasaran survei itu, masyarakat mana?" ujar Wa Ode Nur Iman.

Ia menyampaikan aktivitas membaca buku biasa dilakukan di perpustakaan ataupun toko buku, tetapi aktivitas itu hanya dilakukan pula bagi mereka yang terbiasa membaca dan kekurangan bahan bacaan.

Untuk itu, pihaknya berinisiasi membuka lapak baca lebih dekat dengan masyarakat, di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi tentunya.

Baca juga: Ketua GPMB Kota Kendari Sri Lestari Berbagi Tips Tingkatkan Minat Baca di Rumah

"Karena kalau ke perpustakaan biasanya direncanakan untuk datang ke sana. Harus menyiapkan waktu khusus, itu pun bagi yang terbiasa membaca," ujarnya.

"Sehingga kita datang ke sini untuk mendekatkan buku kepada masyarakat," jelas Wa Ode Nur Iman menambahkan.

Ia menjelaskan banyak tantangan dialami selama membuka lapak baca tersebut, mulai dari tidak ada masyarakat mau singgah ke lapak baca milik Forum TBM, karena mengira lapak baca tersebut berbayar.

Hingga akhirnya, Forum Baca Sultra mensiasati dengan menambahkan aktivitas mewarnai bagi anak-anak.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved