Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Direktorat Narkoba Polda Sulawesi Tenggara Musnahkan 6 Kilogram Sabu dari 9 Tersangka

Direktorat Reserse dan Narkoba atau Ditresnarkoba Polda Sulawesi Tenggara musnahkan 6 kilogram sabu. di halaman gedung Ditresnarkoba Polda Sultra.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Muhammad Israjab
Fadli Aksar/TribunnewsSultra.com
Melalui Direktorat Narkoba Polda Sulawesi Tenggara Musnahkan 6 Kilogram Sabu dari 9 Tersangka, pada Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Direktorat Reserse dan Narkoba atau Ditresnarkoba Polda Sulawesi Tenggara musnahkan 6 kilogram sabu.

Sabu tersebut diungkap dari 7 surat laporan polisi dengan 9 tersangka selama Agustus 2022 sampai Oktober 2022.

Pemusnahan digelar di halaman gedung Ditresnarkoba Polda Sultra, Jl Haluoleo, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Rabu (30/11/2022).

Pemusnahan dilakukan dengan cara pembakaran menggunakan mesin uap insinerator bersuhu panas kurang lebih seribu derajat celcius.

Baca juga: Mutasi Besar-besaran Polresta Kendari, Kasat Binmas, Kapolsek Mandonga, hingga Ranomeeto Berganti

Pemusnahan narkoba ini dipimpin Direktur Reserse dan Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sultra, Kombes Pol Bambang Tjahjo Bawono.

Acara pemusnahan diikuti Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Isnaeni Ujiarto, Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan.

Selanjutnya, Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga, Kepala Kanwil Kumham, Silvester Sili Laba serta para pejabat utama (PJU) Polda Sultra.

Pemusnahan 6 kilogram sabu ini juga turut disaksikan perwakilan kejaksaan, pengadilan, para kuasa hukum, dan melibatkan Balai POM.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti sabu itu diuji dengan melibatkan petugas Balai POM dan disaksikan langsung para tersangka.

Baca juga: Sejarah Mainan Viral Latto-Latto, Bukan Dari Sulawesi, Sudah Ada di Amerika Serikat Sejak Era 60-an

Setelah melakukan pengujian, barang bukti tersebut satu persatu dimasukkan ke mesin uap insinerator yang dilakukan para pejabat.

Dirresnarkoba Polda Sultra, Kombes Pol Bambang Tjahjo Bawono menjelaskan, pemusnahan barang bukti ini untuk menghindari penyalahgunaan.

"Jangan sampai nanti ada barang bukti akan diselewengkan atau disalahgunakan pihak manapun," ujarnya usai di sela pemusnahan.

Menurut dia, barang bukti yang dimusnahkan ini belum memiliki kekuatan hukum tetap, namun saat ini masih dalam proses peradilan.

"Tapi sudah mendapatkan ketetapan pengadilan untuk pemusnahan barang bukti," jelasnya.

Bambang mengatakan, 9 tersangka ini merupakan sabu dari berbagai daerah di Sultra.(*)

(TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved