Berita Sulawesi Tenggara

Jalan Ambaipua-Motaha Konawe Selatan Diaspal 2023, Dinas Bina Marga Sultra Sebut Diperbaiki Bertahap

Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut pemerintah telah menganggarkan pengerjaan jalan rusak.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kasi Perencanaan Bina Marga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Harmunadin mengatakan anggaran pengerjaan jalan ini secara bertahap karena terbatasnya alokasi APBD Sultra. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut pemerintah telah menganggarkan pengerjaan jalan rusak.

Anggaran tersebut diporsikan untuk jalan di Ambaipua-Motaha, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sultra.

Kasi Perencanaan Bina Marga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Harmunadin mengatakan anggaran pengerjaan jalan ini secara bertahap karena terbatasnya alokasi APBD Sultra.

Harmunadin mengatakan untuk jalan yang rusak parah di Ambaipua-Motaha, Konawe Selatan sepanjang 15 kilometer.

Kata dia, dari 15 kilometer jalan rusak, Pemprov Sultra sudah menganggarkan perbaikan 1,5 kilometer tahun 2021, serta APBD 2022 dan APBD Perubahan sepanjang 5 kilometer.

Baca juga: Pohon di Jalan Buburanda Kendari Sulawesi Tenggara Ditebang, Arus Lalu Lintas Sempat Dialihkan

"Jadi, hampir 7 kilometer jalan sudah diaspal, sisanya 8 kilometer dikerjakan tahun 2023," ucap Harmunadin, Kamis (24/11/2022).

Harmunadin mengungkapkan selama dua tahun pengerjaan, Pemprov Sultra menganggarkan Rp6,5 miliar dari APBD untuk pengaspalan jalan Ambaipua-Motaha.

Sementara yang masih dalam tahap penyelesaian perbaikan dari alokasi anggaran perubahan senilai Rp3,3 miliar tahun 2022.

"Hanya karena adanya protes dari warga di sana, jadi pengerjaan jalan tersebut belum selesai," sebut Harmunadin.

Ia menyampaikan masyarakat agar bisa sabar menunggu perbaikan, karena pengerjaan jalan seluruhnya baru bisa dilanjutkan dari APBD 2023.

Baca juga: Pemkot Kendari Benahi Wajah Kota, Pangkas Pohon Potensi Bahayakan Pengguna Jalan, Bakal Ditanam Lagi

Apalagi, Pemprov Sultra sudah menerima penyampaian Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid yang meminta jalan di Konsel menjadi prioritas APBD 2023.

"Jadi pengerjaan jalan ini respons dari Gubernur Sultra atas permintaan tokoh masyarakat dan pemerintah di Konsel yang meminta jalan Ambaipua-Motaha diperbaiki," jelas Harmunadin. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved