Berita Baubau

191 Personel Polres Baubau Sultra Latihan Pengendalian Massa, Tingkatkan Kemampuan Satuan Samapta

Personel Satuan Samapta Kepolisian Resor atau Polres Baubau menggelar latihan pengendalian massa di Halaman Mapolres Baubau, Rabu (14/9/2022).

Istimewa
Personel Satuan Samapta Kepolisian Resor atau Polres Baubau menggelar latihan pengendalian massa di Halaman Mapolres Baubau, Rabu (14/9/2022). Latihan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel dan diikuti sebanyak 191 personel Satuan Samapta Polres Baubau. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Personel Satuan Samapta Kepolisian Resor atau Polres Baubau menggelar latihan pengendalian massa di Halaman Mapolres Baubau, Rabu (14/9/2022).

Latihan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel dan diikuti sebanyak 191 personel Satuan Samapta Polres Baubau.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo mengatakan, dari 191 personel terbagi dari Tim Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Regu Penembak, Petugas APAR, Tim Raimas dan Tim Dokumentasi.

Kata dia, personel gabungan Polres Baubau ini diberikan latihan dengan materi tahapan situasi penanganan unjuk rasa yaitu situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah.

Ia menjelaskan, latihan pengendalian massa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi dan Penyaluran Bantuan Masyarakat Jadi Fokus Pemkot Kendari di APBD Perubahan 2022

Selain itu, kesiapsiagaan personel dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat berada di lapangan.

"Jadi latihan pengendalian massa ini sebagai langkah meningkatkan kemampuan personel Samapta Polres Baubau dalam fungsi teknis pengendalian massa," jelasnya.

"Ini juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personel Polres Baubau, apabila dibutuhkan saat terjadi peningkatan eskalasi dalam aksi unjuk rasa," lanjut Erwin.

Ia berharap dengan latihan ini seluruh personel baik Dantim, Danton, dan Padal dapat memahami peran dan fungsi dalam tahapan pengendalian massa, agar tidak terjadi pelanggaran saat pelaksanaan tugas.

"Selain itu, latihan pengendalian massa juga untuk menjaga kekompakan serta kedisiplinan anggota, membentuk mental yang kuat, agar pengendalian diri personel tetap terkendali," harapnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved