Berita Baubau

Ular Piton Sepanjang 4 Meter Dievakuasi Damkar di Tanggul Bataraguru Baubau Sulawesi Tenggara

Warga Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) digegerkan adanya penemuan ular piton.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Warga Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) digegerkan adanya penemuan ular piton. Ular piton sepanjang empat meter tersebut ditemukan oleh warga sekitar tanggul usai memangsa hewan ternak. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Warga Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) digegerkan adanya penemuan ular piton.

Ular piton sepanjang empat meter tersebut ditemukan oleh warga sekitar tanggul usai memangsa hewan ternak.

Sejumlah personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Baubau diterjunkan untuk mengevakuasi ular piton tersebut.

Kabid Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau, Nur Alam Ndoaka menyebut, awalnya mendapatkan laporan masuk dari warga pada pukul 17.20 Wita, adanya ular piton akan kembali masuk ke sarangnya.

"Ular itu mau masuk kembali ke sarangnya, tetapi tidak bisa masuk kembali karena perutnya sudah besar usai memangsa hewan ternak ayam milik warga," terangnya kepada media ini, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Akademisi UHO Kendari Sebut Lahan Habitat Kian Terganggu, Usai Ular Piton Ditemukan Warga Labibia

Setelah melihat ular piton tersebut, warga kemudian melaporkan hal ini kepada Damkar dan selanjutnya lima orang personel Rescue Damkar Kota Baubau dikerahkan ke lokasi.

"Ular yang kita evakuasi diperkirakan sepanjang empat meter," kata Nur Alam Ndoaka.

Ia menambahkan, setelah dilakukan evakuasi pihaknya kemudian melepasliarkan ular tersebut di Kawasan Hutan Konservasi Air Terjun Tirta Rimba yang jauh dari pemukiman warga.

"Kita lepaskan di situ karena itu bagian dari habitatnya, kita juga menduga ular itu telah lama ada di kawasan tanggul tersebut," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved