Berita Konawe

Mahasiswa KKN UHO Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Konawe, Target Warga Lansia

Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari lakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Kabupaten Konawe

Penulis: Husni Husein | Editor: Desi Triana Aswan
Istimewa
Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari lakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Kelurahan Puunaaha, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari lakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Kelurahan Puunaaha, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan kolaborasi bersama Puskesmas Unaaha yang dirangkaikan dengan kegiatan posyandu lansia.

Panitia pelaksana, Aldi Dwi Maretsa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan skrining dan edukasi Hipertensi dan Diabetes Melitus pada masyarakat kelurahan setempat.

"Selain memang posyandu lansia ini merupakan kegiatan bulanan di Puskesmas Unaaha. Kami juga melihat angka kejadian Hipertensi dan Diabetes Melitus yang menduduki 3 teratas di kecamatan Unaaha," katanya pada Rabu (7/9/2022).

"Untuk itu kami berantusias mengadakan pemeriksaan dan juga edukasi yang didukung oleh pihak Puskesmas Unaaha karena melihat masih kurang pedulinya masyarakat terkait dengan betapa bahayanya jika penyakit tersebut tidak ditangani dengan baik," tambahnya.

Baca juga: Mahasiswa KKN UHO Kendari Sosialisasi dan Edukasi Program Indonesia Sehat di Puuwatu

Peserta KKN UHO ini terdiri dari 13 mahasiswa dengan tiga jurusan berbeda berupa Kedokteran, Kimia dan Arsitek berkolaborasi melakukan pemeriksaan kesehatan.

Misalnya dengan pemeriksaan tanda-tanda vital, pemeriksaan gula darah dan edukasi mengenai Hipertensi dan Diabetes Melitus (DM).

Aldi Dwi Maretsa beharap dengan adanya edukasi ini, para lansia di kelurahan setempat dapat lebih peduli dan paham akan bahaya Hipertensi dan Diabetes Melitus.

"Harapan dari kami mahasiswa KKN UHO Kelurahan Puunaaha, semoga masyarakat bisa lebih peduli dengan Hipertensi dan Diabetes Melitus agar tidak menimbulkan gejala lain".

"Kelompok KKN kami yang di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Dr La Ode Anto, dan Rahmawati, bersama Lurah Puunaaha, Nanan Sarmanto," jelasnya.

Baca juga: Cara Mahasiswa KKN Tematik UHO Promosikan Dermaga Pelangi dan Air Terjun Soropia, Intip Keindahannya

Aldi Dwi Maretsa bilang, saat dilakukanya penyuluhan soal kegiatan ini terhadap masyarakat sangat sangat disambut baik.

"Sangat mendukung kegiatan kami dan semoga kegiatan yang kami laksanakan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat kelurahan Puunaaha," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved