Berita Kendari

Penumpang Kapal di Kendari Keluhkan Harga Tiket Kapal Mulai Naik, Imbas Kenaikan BBM

Penumpang pelayaran laut di Kota Kendari, Sultra keluhkan kenaikan harga tiket kapal. Lonjakan harga tiket ini tak terlepas dari kenaikan BBM.

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Desi Triana Aswan
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Pantauan tim Tribunnews Sultra pada Minggu (4/9/2022) penumpang asal Raha tujuan Kendari mendominasi kedatangan di Pelabuhan Nusantara Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Sejumlah penumpang pelayaran laut di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini keluhkan kenaikan harga tiket kapal,  pada Minggu (4/9/2022).

Kenaikan harga tiket ini menyusul resmi diumumkannya kenaikan harga BBM oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Sabtu (3/9/2022).

Kenaikan harga tiket ini pun menuai kontra terhadap sejumlah penumpang. Misalnya komentar ini datang dari Adri (23) mahasiswa penumpang asal Kota Baubau.

"Iya, ekonomi belum stabil harga-harga sudah mulai dinaikan. Sebenarnya tidak setuju tapi kalau putusan kebijakan begitu yah harus kita terima," katanya.

Sama halnya dengan Adri, La Tara (31) penumpang pelayaran tujuan Kota Kendari asal Wakatobi ini mengaku kesal dengan kenaikan harga tiket ini.

Baca juga: Update Data BPS Sultra, Jumlah Penumpang Pesawat Lebih Sedikit Dibanding Kapal Laut

"Iya meski kenaikan harganya tidak melebihi batas harga teratas yang diatur peraturan Gubernur Sultra, tapi tetap saja yah kalau perubahan mendadak begini begini kesal," ucapnya.

Dia pun berharap agar regulasi ini tidak menjadi momok dengan waktu yang lama. Kata dia jika harga BBM telah diturunkan maka harga tiket semula pun ikut normal. 

Imbasnya, sejumlah armada kapal pelayaran rute antar Sulawesi Tenggara kini merangkak naik dari kisaran Rp10 ribu hingga Rp 20 ribu.

Misalnya saja Kapal dengan rute pelayaran Kota Kendari- Kabupaten Wakatobi yang berlabuh di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari.

Sejumlah jenis kapal ini biasanya mematok harga untuk kategori umum senilai Rp 150 ribu untuk setiap penumpang, dan Rp 125 ribu untuk mahasiswa.

Baca juga: Jumlah Penumpang Kapal Laut di Sulawesi Tenggara Februari 2022 Capai 233 Ribu Orang

Namun, kini tarif dinaikan menjadi Rp 183 ribu untuk setiap penumpang kategori umum dan mahasiswa pun dikenakan tarif yang sama.

Senada, pada armada pelayaran Kota Kendari- Kabupaten Muna yang juga berlabuh di pelabuhan yang biasa dikenal dengan Pelabuhan Kapal Malam itu merangkak naik.

Semula harga dipatok Rp150 ribu untuk kelas ekonomi dewasa, kini harga tersebut dibanderol menjadi Rp 172 ribu untuk penumpang kategori yang sama.

Selain itu, PT Dharma Indah, yaitu armada untuk pelayaran rute Kendari-Raha-Baubau yang berlabuh di Pelabuhan Nusantara Kendari juga bakal ikut menaikan harga.

Baca juga: Mulai Besok, PT Dharama Indah Pelayaran Rute Kendari-Baubau Naikan Harga Tiket Penumpang

Perubahan atas kenaikan harga tiket penumpang ini bakal diberlakukan pada Senin (5/9/2022) besok.

Semula, harga tiket untuk penumpang kelas ekonomi dewasa dibanderol Rp185 ribu, kini harga dipatok menjadi Rp235 ribu tujuan Kota Baubau dari Kota Kendari. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved