Berita Konawe

3 Peran Pers untuk Pemilu 2024 Berkualitas, Pengarah SMSI Sultra Sebut Tekankan Profesionalitas

Pengarah Serikat Media Siber Indonesia atau SMSI Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut ada tiga peran pers untuk Pemilu berkualitas tahun 2024 mendatang

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Pengarah Serikat Media Siber Indonesia atau SMSI Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut ada tiga peran pers untuk Pemilu berkualitas tahun 2024 mendatang. Hal ini diungkap Pengarah SMSI Sultra, Arafat saat menjadi narasumber dalam diskusi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe dengan insan pers, Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Pengarah Serikat Media Siber Indonesia atau SMSI Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut ada tiga peran pers untuk Pemilu berkualitas tahun 2024 mendatang.

Hal ini diungkap Pengarah SMSI Sultra, Arafat saat menjadi narasumber dalam diskusi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe dengan insan pers, Jumat (2/9/2022).

Arafat mengatakan, dalam menghadapi Pemilu yang berkualitas, posisi pers ada tiga rujukan sebagai media informasi, pendidikan dan kontrol sosial.

Saat ini, kata dia, jumlah media online di Sultra yang terdaftar sekitar 300 yang terdaftar di Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sultra.

Menurutnya, tanpa Pemilu, tugas-tugas media tetap harus berjalan dengan baik yakni sebagai media hiburan, pendidikan, dan kontrol sosial.

Baca juga: Bawaslu Sebut Peran Pers Sebagai Penyambung Informasi Pemilu ke Masyarakat Konawe Sulawesi Tenggara

Arafat berharap, kerja-kerja pers di Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat profesional dan terukur jelang Pemilu 2024.

"Kita harus mengarahkan media kita agar dapat bekerja secara profesional, karena ini tahun politik," ujarnya.

Arafat menuturkan, jika pers bekerja sebagai underbow salah satu calon atau partai politik akan mengerdilkan profesionalitas sehingga menjadi tantangan sendiri untuk pers.

"Banyak pers ini dalam menghadapi Pemilu kalau tidak siap dia akan kehilangan profesionalitasnya dalam bekerja," jelasnya.

Ia menekankan, agar kalangan pers membangun dan menguatkan solidaritas jelang Pemilu 2024 mendatang. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved