Berita Kendari

Sekda Ridwansyah Taridala Berpeluang Diusulkan Pj Wali Kota Kendari, DPRD Tunggu Surat Kemendagri

Sekretaris Daerah (Sekda), Ridwansyah Taridala berpeluang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan salah satu pejabat yang berpeluang untuk diusulkan DPRD menjadi Pj Wali Kota adalah Sekda, Ridwansyah Taridala. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sekretaris Daerah (Sekda), Ridwansyah Taridala berpeluang diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai Penjabat atau Pj Wali Kota Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan salah satu pejabat yang berpeluang untuk diusulkan DPRD menjadi Pj Wali Kota adalah Sekda, Ridwansyah Taridala.

Menurutnya, sesuai aturan yang berlaku, jabatan Sekda kabupaten dan kota memenuhi syarat untuk diusulkan menjabat Pj Bupati/Wali Kota.

"Itu bisa saja dilakukan (mengusulkan Sekda). Karena yang memenuhi syarat itu adalah Eselon II Pemprov atau Kepala Biro dan tingkat Kota Kendari adalah Sekda," jelasnya, Rabu (24/8/2022).

Untuk proses pengusulan, Subhan mengaku pihaknya akan mengusulkan Pj Wali Kota setelah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Alasan Gubernur Ali Mazi Pilih 3 Pejabat Pemprov Sultra Jadi Pj Bupati Buton, Bombana, Kolaka Utara

Surat tersebut diberikan ke DPRD setelah Kemendagri menerima berita acara hasil paripurna pengumuman akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari periode 2017-2022.

"Setelah surat dari Kemendagri kita terima, maka kita akan melakukan langkah bagaimana mekanisme dan proses pengusulan Pj Wali Kota ke Kemendagri dari DPRD," bebernya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menjelaskan pengusulan Pj Kepala Daerah sesuai aturan, akan dilakukan satu bulan sebelum masa jabatan Bupati/Wali Kota definitif berakhir.

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra maupun DPRD Kota Kendari akan mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota pada 9 September 2022.

Karena masa jabatan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran akan berakhir pada 9 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Gubernur Sultra Ali Mazi Lantik Pj Bupati Buton, Bombana, Kolaka Utara, Wakil Bupati Kolaka Timur

Di mana, setelah berakhirnya masa jabatan tersebut, akan diisi oleh Pj Wali Kota hingga Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved