Berita Konawe Utara

Pemilihan Kepala Desa 2022 di Konawe Utara Sulawesi Tenggara Diundur ke 2023, Bakal Digelar Serentak

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilaksaknakan secara serentak pada 2023 mendatang.

TribunnewsSultra.com/Bima Saputra Lotunani
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Konawe Utara, Sukarjo. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONUT - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dilaksanakan secara serentak pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Konut, Sukarjo saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (9/8/2022).

Sukarjo mengatakan, Pilkades di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara akan digelar serentak pada tahun 2023 mendatang.

Ia menjelaskan awalnya pemilihan diperbolehkan tahun ini, hanya saja dikhawatirkan ketika dilaksanakan, kepala desa yang belum habis masa jabatannya menuntut.

"Kalau kita melaksanakan tahun ini kita melanggar UU Desa Pasal 39 Ayat 1 yang berbunyi masa jabatan kepala desa adalah enam tahun," terangnya.

Baca juga: APDESI Konawe Utara Resmi Dikukuhkan, Ruksamin Sebut Harus Mampu Jalin Kerja Sama dengan Semua Pihak

"Jika dikurangi sehari saja, tidak bisa. Olehnya itu, pemerintah pusat menyampaikan agar tidak melakukan Pilkades pada tahun 2022," tambahnya.

Sukarjo mengatakan lebih baik memperpanjang masa jabatan penjabat (Pj) kepala desa, daripada menarik masa jabatan kepala desa.

"Jadi pengunduran Pilkades ini kami telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Konut dan sudah disepakati," tuturnya.

Sukarjo mengaku akan segera memberikan informasi kepada desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan bahwa Pilkades di Konut akan dilakukan serentak pada 2023.

"InsyaAllah antara Februari dan Maret 2023 kami akan laksanakan Pilkades di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Bima Saputra Lotunani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved