Wakatobi Tanpa Pesawat

Sepakat Buka Lagi Rute Penerbangan Wakatobi, Pemda Masih Pikir-Pikir Subsidi Operasional Wings Air

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi masih mempertimbangkan subsidi biaya operasional maskapai Wings Air.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Rajulan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi masih mempertimbangkan subsidi biaya operasional maskapai Wings Air.

Untuk diketahui, pemberian subsidi biaya operasional ke Wings Air, agar maskapai tersebut kembali beroperasi melayani penerbangan ke Wakatobi menuju Kendari atau sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Muhammad Rajulan mengatakan, pihaknya bersama maskapai dan Pemkab Wakatobi sudah membahas pemberian subsidi biaya operasional ke Wings Air.

"Hasil pertemuan, kita sepakat untuk membuka kembali jalur penerbangan ke Wakatobi," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (2/8/2022).

"Tapi ini masih melalui proses karena harus ada dukungan dari Pemkab Wakatobi, Buton, Buton Selatan dan Buton Tengah," tambahnya. 

Baca juga: Pemprov Sultra dan Maskapai Penerbangan Masih Diskusikan Skema Subsidi Penumpang Rute Wakatobi

Ia mengatakan dari hasil rapat koordinasi Pemprov bersama Pemkab Wakatobi, Buton, dan Wings Air, rute penerbangan ke Wakatobi akan kembali dibahas.

Kata dia, pembahasan tersebut mengenai kesepakatan besaran subsidi yang dimintai pihak Wings Air sebesar Rp6 miliar untuk biaya operasional.

Muhammad Rajulan menjelaskan, besaran dana operasional tersebut diminta pihak Wings Air, karena selama ini biaya operasional penerbangan menurun dampak kenaikan bahan bakar pesawat.

Apalagi, dari hasil laporan maskapai Wings Air, hanya ada satu kali penerbangan dalam sehari dengan jumlah penumpang tidak lebih dari seperdua kapasitas pesawat.

"Jadi tentang besaran subsidi yang akan diberikan ke pihak maskapai Wings Air kami akan bahas kembali dengan Pemkab Wakatobi bersama Inspektorat dan BPKAD," ucapnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved