Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sultra Buka Layanan Helpdesk Bantu Parpol, Terima Kunjungan Pengurus Partai Politik Setiap Hari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka layanan helpdesk di Rumah Pintar Pemilu.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka layanan helpdesk di Rumah Pintar Pemilu.

Layanan helpdesk ini nantinya digunakan sebagai sarana konsultasi pengurus partai politik di daerah dengan KPU dalam proses tahapan verifikasi parpol Pemilihan Umum (Pemilu).

Untuk penyediaan layanan helpdesk ini merujuk dari PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dan Surat Sekretariat Jenderal KPU RI Nomor 577/PL.01.1-ST/05/2022.

PKPU ini mengatur pemberian layanan informasi parpol yang membutuhkan fasilitasi atau penjelasan soal pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol calon peserta Pemilu 2024.

"Bukan hanya pendaftaran dan verifikasi, helpdesk juga memberikan informasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)," kata Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Ini Syarat yang Harus Dipersiapkan Pengurus Partai Politik di Daerah Agar Lolos Verifikasi KPU

Natsir menjelaskan, helpdesk ini di bawah tangggu jawab bagian Teknis Penyelenggaran Pemilu Hubungan dan Partisipasi Masyarakat, Hukum, dan SDM KPU.

Kata dia, personel yang bertugas pada helpdesk ini adalah jajaran sekretariat yang telah dibagi ke dalam lima tim kerja dan telah ditetapkan melalui Surat Tugas Sekretaris KPU Sulawesi Tenggara.

Kemudian, helpdesk ini berfungsi sejak tanggal 1 Agustus-14 Desember 2022 atau sampai dengan selesainya seluruh rangkaian tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"KPU siap menerima kunjungan konsultasi dari pengurus partai politik setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 Wita bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Sultra," jelasnya. (*)

(Tribunnewssultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved