Berita Baubau

Harga Kambing di Baubau Sulawesi Tenggara Melonjak Naik Capai Rp6 Juta Jelang Iduladha 2022

Harga kambing di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak naik mencapai Rp6 juta menjelang Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Harga Kambing di Baubau Sulawesi Tenggara Melonjak Naik Capai Rp6 Juta Jelang Iduladha 2022 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Harga kambing di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak naik mencapai Rp6 juta menjelang Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban.

Zakaria salah seorang pedagang kambing di Kecamatan Murhum, Kota Baubau mengatakan, kambing yang dijual mulai dari kisaran harga Rp3,5 juta dan yang paling mahal mencapai Rp6 juta.

Ia mengaku, harga kambing saat ini kenaikannya mencapai Rp500 ribu, dibandingkan dengan harga kambing pada tahun yang lalu.

"Naiknya harga kambing itu Rp500 ribu. Untuk yang paling mahal berukuran besar harganya kita jual Rp6 juta," jelasnya saat ditemui TribunnewsSultra.com, pada Senin (4/7/2022).

Kenaikan harga tersebut, kata dia, terjadi dari daerah pemasok. Karena, ia membeli kambing dari Kabupaten Kolaka dengan harga yang mahal.

Baca juga: Hewan Ternak di Baubau Dipastikan Bebas Penyakit, Dispertan Periksa Kesehatan Jelang Iduladha 2022

Meskipun, mengalami kenaikan harga, ia melihat minat masyarakat masih cukup tinggi untuk membeli kambing yang akan dijadikan kambing kurban.

Zakaria mengatakan penjualan kambing dalam sehari antara satu hingga tiga ekor.

Menurutnya, berbeda dengan tahun 2021 saat puncak pandemi penjualan kambing merosot bahkan dalam tiga hari berturut-turut hampir tak satupun warga datang membeli.

"Alhamdulilah penjualan tahun ini bagus, cuman harga kambing saja yang naik dari Kolaka, misalnya kambing sedang tahun lalu masih Rp3,8 juta sekarang Rp4,5 juta,” terangnya.

Hingga H-6 Lebaran, kambing jualannya tersisa dua ekor, rata-rata pembeli menitip kambingnya di tempat penjualan dan mengambilnya H-1 Lebaran.

Baca juga: Harga Sapi Kurban Presiden Jokowi, Berat Satu Ton, Pemotongan di Pasarwajo Buton Sulawesi Tenggara

Zakaria mengaku, kambing yang dijual telah menjalani pemeriksaan kesehatan dari daerah pemasok sebelum dikirim ke Baubau dan diklaim dalam keadaan sehat. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved