Berita Sulawesi Tenggara

Harga Sapi Kurban Presiden Jokowi, Berat Satu Ton, Pemotongan di Pasarwajo Buton Sulawesi Tenggara

Harga sapi kurban Presiden Joko Widodo atau biasa disebut Jokowi seharga Rp110 juta, sapi tersebut berbobot satu ton atau 1.000 kilogram.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Harga Sapi Kurban Presiden Jokowi, Berat Satu Ton, Pemotongan di Pasarwajo Buton Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Harga sapi kurban Presiden Joko Widodo atau biasa disebut Jokowi seharga Rp110 juta, sapi tersebut berbobot satu ton atau 1.000 kilogram.

Untuk diketahui sapi kurban Presiden Jokowi tersebar 34 provinsi di seluruh Indonesia, setiap provinsi dialokasikan satu ekor sapi kurban.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Tenggara (Sultra), Laode Muh Jabal kesehatan sapi merupakan hal terpenting.

" Untuk kesehatannya telah keluar hasil labnya sehingga dapat dipastikan sapi Presiden Jokowi tersebut dalam keadaan sehat," ucap Jabal, Senin (28/6/2022).

Lanjutnya, terdapat dua kriteria dalam pemilihan sapi kurban Presiden Jokowi pada tahun 2022 yakni bobot hewan terberat dan kesehatan menjadi faktor penting.

Baca juga: Pemkot Kendari Bakal Sumbang 100 Ekor Sapi Buat Bantu Produksi Pupuk Mandiri untuk Petani Sawah

Seleksi sapi tersebut melalui proses yang panjang dimulai pada Mei 2022 lalu oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Tahun (2021) lalu sapi ini berada pada peringkat kedua di Sultra, sehingga pada 2022, sapi berasal dari Kabupaten Konawe tersebut yang terpilih, bobot satu ton dan umur sekitar dua tahun," tuturnya.

Lanjutnya, pemotongan sapi Presiden Jokowi telah ditentukan titik dan lokasinya yakni di Pasarwajo tepatnya di Masjid Agung Nurul Yaqin, Kabupaten Buton, Sultra.

"Baru kali ini diadakan pemotongan di luar Kota Kendari, hal itu agar dapat berbagi di kabupaten kota lainnya yang ada di Sultra," pungkasnya.

Untuk diketahui, nama pemilik sapi Presiden Jokowi pada tahun 2022 bernama Ade Ariyanto, beralamat di Desa Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Kemenag Kota Kendari Bakal Siapkan 30 Ekor Sapi Kurban, Pastikan Daging Aman Dikonsumsi Masyarakat

Jenis sapi ini yakni simental dengan bobot 1.000 kilogram atau satu ton, dengan harga peternak Rp110 juta.

Sementara itu, harga sapi lokal berada pada kisaran Rp15 juta - Rp17 juta per ekor dan untuk sapi impor berkisar Rp100 jutaan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved