Berita Sulawesi Tenggara

Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Pakai Aplikasi MyPertamina Belum Berlaku di Sulawesi Tenggara

PT Pertamina Patra Niaga memastikan Sulawesi Tenggara (Sultra) belum diberlakukan pembatasan pembelian BBM subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Pakai Aplikasi MyPertamina Belum Berlaku di Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - PT Pertamina Patra Niaga memastikan Sulawesi Tenggara (Sultra) belum diberlakukan pembatasan pembelian BBM subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Saat ini, uji coba awal akan dilakukan di beberapa kabupaten dan kota yang tersebar lima provinsi antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Regional Sulawesi, Taufik Kurniawan mengatakan setelah uji coba berhasil maka kemungkinan di Sultra juga akan diterapkan.

"Saat ini, masih belum berlaku di Sultra, tapi ke depannya masih menunggu instruksi dari BPH Migas kapan pembelian menggunakan aplikasi akan berlaku di Sultra," ucapnya, Senin (28/6/2022).

Kata Taufik, apabila uji coba di lima daerah tersebut nantinya berhasil, maka ada kemungkinan akan diterapkan juga di daerah lain.

Baca juga: Pertamina Resmi Larang Pembelian BBM Pertalite Pakai Jeriken di SPBU, Masyarakat Bisa Laporkan

Selain itu, melihat latar belakang diterapkan pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi karena terdapat beberapa kasus tindak kecurangan yang terjadi.

"Hal ini diterapkan karena terdapat beberapa kasus di Sultra sendiri ada human error, baik dari oknum operator SPBU maupun pembeli BBM subsidi yang tidak berhak mendapatkan," ujarnya.

Sehingga melihat dari kasus tersebut, maka Pertamina mengambil langkah untuk mengalihkannya dari manusia menjadi suatu sistem untuk meminimalisir oknum yang melakukan tindak kecurangan.

"Hal ini dilakukan agar pembagian subsidi BBM ini bisa dinikmati oleh masyarakat yang berhak mendapatkannya bukan malah beralih ke penyalur lain," katanya.

Lanjutnya, penerapan ini mempunyai sejumlah masalah di Bumi Anoa, karena beberapa titik lokasi masih minim jaringan seluler, sehingga menghambat penerapan pembelian menggunakan aplikasi.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina atau subsiditepat.mypertamina.id Buat Beli Pertalite dan Solar Lengkap Harga

Untuk mengatasi hal tersebut, Pertamina nantinya akan berkolaborasi bersama Telkom untuk mengatasi hal tersebut.

Selain itu, Pertamina dan Telkom akan melakukan sosialisasi secara masif tentang pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

"Intinya jika nanti diterapkan, masyarakat yang ingin membeli BBM subsidi akan menunjukkan alat identifikasi agar dapat dilihat apakah sudah terverifikasi atau tidak," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved