Berita Sulawesi Tenggara

Dinas Dalduk dan Keluarga Berencana Buka Layanan Sosialisasi KB di Expo HUT Kota Kendari ke-191

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas Dalduk dan KB) Kota Kendari mencatat capaian sosialisasi KB sudah di atas 20 ribu pasangan.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Petugas Pengelola Data dan Informasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kota Kendari, Rizaldi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas Dalduk dan KB) Kota Kendari mencatat capaian sosialisasi KB sudah di atas 20 ribu pasangan.

Angka tersebut berdasarkan jumlah keselurahan warga sudah menikah yang berkonsultasi penggunaan alat kontrasepsi untuk program keluarga berencana.

Petugas Pengelola Data dan Informasi Keluarga Dinas Dalduk dan KB Kota Kendari, Rizaldi, mengatakan, untuk laporan jumlah sasaran sosialisasi KB pada April 2022 mencapai 4.551 pasangan.

"Jadi jumlah terakhir sasaran penyuluhan dan pelayanan KB sudah di atas 20.000 dari 4.551 pasangan yang menjadi target sosialisasi," ujarnya.

Rizaldi menjelaskan, untuk jumlah per hari warga yang menjadi target penyuluhan terendah di Kecamatan Nambo sejumlah 23 pasangan.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sosialisasi Pengobatan Tradisional ke Pengunjung Stan Expo HUT Kota Kendari ke-191

"Sedangkan tertinggi di Kecamatan Kendari Barat dengan total 73 untuk pasangan peserta baru," jelasnya.

Ia mengatakan dalam sosialisasi dan penyuluhan, pihaknya memberikan edukasi penggunaan alat kontrasepsi yang aman dan sehat dari BKKBN.

Kata dia, pelayanan alat kontrasepsi yang diberikan mulai dari pemakaian pil dan implan KB untuk wanita, dan kondom untuk pria.

"Yang paling laris digunakan itu KB implan, karena selain tidak ada bahan-bahan kimia, terpasang di bagian lengan wanita," jelasnya.

Selain itu, layanan sosialisasi KB juga dipersiapkan untuk warga yang berkunjung di stan Dinas Dalduk dan KB Kota Kendari di Lapangan Benu Benua.

Baca juga: Pengurusan SIM Tanpa Berkendara Langsung Bakal Hadir di Kendari Metaverse, Mudahkan Pelayanan

"Untuk jumlah per hari warga yang datang konsultasi di stan Dinas Dalduk dan KB Kota Kendari sebanyak lima orang," tuturnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved