Idul Fitri 2022

Cuti Lebaran & Libur Sekolah Diperpanjang, Polisi Prediksi Ada Puncak Arus Balik Susulan

Polisi memprediksi bahwa akan terjadi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 karena masa libur sekolah dan cuti bekerja diperpanjang.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah kendaraan pemudik memadati Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki puncak mudik Lebaran 2022 lalu lintas sepanjang tol Jakarta-Cikampek hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) menunjukkan peningkatan. Tampak foto udara menunjukan peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju tol Trans Jawa. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Puncak arus balik diprediksi akan mengalami puncak pada Minggu (8/5/2022) malam atau H+6 Lebaran.

Meski begitu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo tak menampik adanya potensi puncak arus balik susulan di luar yang telah diperkirakan.

Arus balik susulan diprediksi terjadi kerana untuk Provinsi Jawa Barat (Jabar), Banten, dan DKI Jakarta, masa libur sekolah diperpanjang yang mulanya harus masuk pada Senin, 9 Mei 2022 menjadi Kamis, 12 Mei 2022.

"Arus balik susulan memungkinkan saja, namun demikian kita semua akan melihat apa perintah dan kebijakan pimpinan, yang jelas kami siap melaksanakan kebijakan pemerintah tersebut," ujar Kombes Pol Kusworo di Pos Pelayanan Cikaledong, Minggu (8/5/2022) seperti dilansir TribunnewsSultra.com dari Kompas.com.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Pelabuhan Ferry Tampo-Torobulu Konsel Ramai Dipadati Penumpang 

Diakui juga bahwa polisi belum menerima arahan untuk menyudahi pelayanan mudik lebaran 2022.

"Hari ini memang puncak arus mudik. Namun, kami masih menunggu arahan pimpinan terkait berakhirnya pelayanan mudik lebaran 2022," beber Kombes Pol Kusworo.

Lebih lanjut, Kombes Pol Kusworo menerangkan bahwa jajaran Satlantas Polresta Bandung menerapkan sistem contraflow dan one way selama mengatur arus lalu lintas baik arus mudik maupun balik.

"Saat ini dilakukan untuk mengatur arus balik, kami berlakukan contra flow. Kami buat lajur dari arah Limbangan menuju Bandung menjadi tiga, lantaran derasnya arus kendaraan, sedangkan sebaliknya menjadi dibuat menjadi satu lajur," jelas Kombes Pol Kusworo.

Baca juga: Puncak Arus Balik di Jalur Pantura Menuju Jakarta Dipadati Pemudik Kendaraan Roda Dua

"Tentunya, kami juga menunggu evaluasi adalah pelaksanaan kegiatan arus mudik dan arus balik hari ini," imbuhnya.

Kata Menhub

Dilansir TribunnewsSultra.com dari Kompas.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik menunda perjalanannya kembali guna mencegah kepadatan arus balik.

Sehingga dalam perjalanan kembali ke wilayah kota pun, pemudik merasa nyaman.

Baca juga: Jalur Arteri Padat Imbas One Way Tol Japek, Simak Rekomendasi Aplikasi Pemantau Kondisi Arus Balik

Menhub Budi pun menyarankan agar masyarakat mulai kembali pada hari Senin (9/5/2022) atau besok Selasa (10/5/2022).

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah tanggal 8 Mei 2022.

Pemerintah juga mengizinkan bagi para siswa sekolah menambah masa liburnya selama tiga hari, yang awalnya 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022.

Baca juga: Pertamina Pastikan Stok BBM Aman untuk Arus Balik Libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah di Sulawesi

Sedangkan, sesuai arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), khusus untuk Aparatur Sipil Negara Sipil (ASN) dapat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama seminggu setelah puncak arus balik, Minggu (8/5/2022).

“Masyarakat yang belum pulang, jangan pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat Lebaran ketupat selasa depan. Perjalanan akan lebih nyaman,” jelas Menhub Budi.

(TribunnewsSultra.com/Nina Yuniar) (Kompas.com/M. Elgana Mubarokah/Yohana Artha Uly)

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Libur Sekolah Diperpanjang, Polisi Sebut Bakal Ada Puncak Arus Balik Susulan" dan "Cetak Rekor, Bandara Soetta Tembus 1.130 Penerbangan pada Puncak Arus Balik"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved