Idulfitri 2022

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Ditentukan 1 Mei 2022, Kemenag Kota Kendari Tunggu Sidang Isbat

Hal itu disampaikan langsung Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/4/2022). 

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)
Tim rukyatul hilal Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memantau secara langsung hilal penentuan 1 Ramadhan 1442 Hijiriah/2021 Masehi di Pantai Wolulu Kabupaten Kolaka, Senin, (12/4/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Penentuan 1 Syawal 1443 H masih menunggu keputusan sidang isbat Kemenag RI, pada Minggu (1/5/2022) mendatang. 

Hal itu disampaikan langsung Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/4/2022). 

Sidang isbat akan dilaksanakan setelah pemantauan hilal 1 Syawal 1443 H yang akan dilakukan di 99 titik pantauan di seluruh Indonesia pada 1 Mei mendatang. 

Untuk di Kota Kendari sendiri, Lalan Jaya menjelaskan pemantauan hilal dilakukan satu titik yaitu ditempat yang sama saat melihat hilal 1 Ramadan yakni di Kecamatan Tanggetada atau Kecamatan Wolulu, Kabupaten Kolaka. 

Baca juga: Siap-siap Puasa Syawal setelah Idul Fitri, Mana yang Didahulukan Jika Ada Utang Puasa Ramadan?

"Kepastian idul fitri menunggu keputusan Menteri Agama melalui sidang isbat 1 Mei nanti," ujarnya. 

Pemantauan hilal di Kabupaten Kolaka itu akan dipimpin langsung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra, menggandeng BMKG. 

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya
Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya ((Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com))

Ia berharap pelaksanaan hari raya idul fitri 1 Syawal 1443 H bisa bersamaan yakni di tanggal 2 Mei 2022.

"Harapan kita bisa terpantau hilal pada saat itu dan bisa kita ber Idul Fitri bersama pada tanggal 2 Mei nanti," kata Muhammad Lalan Jaya

"Karena menurut statemen ditjen Bimas Islam Kemenag RI, tapi ini belum resmi, diperkirakan tinggi hilal secara hisab pada tanggal 1 mei yang akan datang sekitar 4 derajat ke atas. Sesuai dengan keputusan bersama dari menteri menteri agama yang berada di wilayah asean, itu kisaran ya 5 - 8 derajat," jelasnya menambahkan. 

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved