PLN UPDK Kendari

Apa Perbedaan PLTU dan PLTMG? Simak Berikut Ini Penjelasan Manager PT PLN UPDK Kendari

Ini perbedaan pada unit PT PLN antara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
PLTU Nii Tanasa, Konawe, Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ini perbedaan pada unit PT PLN antara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Tentunya ada sebagian orang yang tidak mengetahui secara pasti apa perbedaan dari kedua unit PLN tersebut padahal pada dasarnya berfungsi sebagai pembangkit listrik.

Jadi apa perbedaan dari kedua unit PT PLN tersebut, mari simak penjelasan dari Manager PT PLN UPDK Kendari, Muhammad Rusli Sain.

Katanya, kedua unit tersebut secara bersamaan berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik tetapi ada perbedaan dalam sumber energinya.

"Jadi kalau pada unit PLTU itu menggunakan sumber energi dari batu bara, sementara untuk PLTMG terdapat dua fuel yakni bisa dari gas dan Bahan Bakar Minyak (BBM)," ucapnya, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Buka Peluang Kerja Sama Pemanfaatan FABA, Manager PT PLN UPDK Kendari Sebut Punya Nilai Ekonomi

Khusus untuk PLTMG dari segi Bahan Bakar Minyak atau BBM saat ini PLTMG Kendari masih menggunakan diesel (B30).

"Namun ke depannya apabila kami akan menggunakan gas maka bahan bakar tersebut nantinya di switch antara keduanya bisa menggunakan gas atau BBM," pungkasnya.

Sebagai informasi, saat ini di Indonesia mempunyai tiga sumber daya energi yang berasal dari fosil dan digunakan untuk pembangkit listrik yaitu minyak bumi, gas, dan batu bara.

Beberapa emisi gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil ialah CO2, SO2, NOx, dan partikel.

Selain itu, perlu diketahui PLTU merupakan pembangkit yang menggunakan tenaga dari uap air untuk menggerakkan turbin, prinsipnya adalah memanaskan air.

Baca juga: Pastikan Pasokan Listrik Aman saat Idul Fitri 2022, PLN UPDK Kendari Kunjungi Dua Pembangkit Listrik

Di mana, air berubah menjadi uap dan uap bertekananan akan memutar turbin. Di Indonesia, PLTU selalu menggunakan batu bara sebagai sumber energi untuk memanaskan air.

Sementara itu, PLTG ataupun PLTMG merupakan jenis pembangkit yang menggunakan udara panas untuk memutar turbin.

Udara panas ini dihasilkan melalui pemanasan udara dengan menggunakan gas di dalam ruang bakar dengan menggunakan bahan bakar gas maupun BBM. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved